“HIDUP YANG SENANTIASA PENUH DENGAN ROH KUDUS!”

12 Jun, 2016

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan,
Tuhan Yesus sangat mengasihi Saudara dan saya. Kasih-Nya itu luar biasa. Alkitab katakan bahwa Tuhan Yesus mati karena dosa-dosa kita, Dia dikuburkan tetapi pada hari yang ketiga Dia bangkit dari kematian. Setelah itu selama 40 hari Dia mengunjungi murid-murid-Nya. Dia mengunjungi murid-murid-Nya dengan 2 alasan, yaitu:
1.  Untuk membuktikan bahwa Dia hidup
2. Untuk menghibur, menguatkan murid-murid-Nya yang sedang frustrasi, mengalami goncangan yang berat, depresi akibat kematian-Nya.

Setelah 40 hari mengunjungi murid-murid-Nya, maka Tuhan Yesus naik ke sorga dan pesan yang terakhir kepada murid-murid-Nya terdapat dalam Kisah Para Rasul 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung-ujung bumi.” Jika Saudara dan saya adalah murid Tuhan Yesus berarti pesan ini berlaku bagi kita semua.

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”
Dari ayat ini saya sangat percaya dan yakin kalau yang melihat Tuhan Yesus naik ke sorga adalah murid-murid-Nya, maka yang akan melihat Dia turun dari sorga juga murid-murid-Nya. Dan waktunya sudah tidak lama lagi!

Setelah itu murid-murid Tuhan Yesus pergi ke Yerusalem dan mereka berkumpul di kamar loteng. Pada saat itu hanya ada 120 murid yang berkumpul, padahal Tuhan Yesus menampakkan diri kepada lebih dari 500 murid (berarti kurang dari 25%). Tuhan Yesus memberikan pesan yang sama kepada mereka “Janganlah kamu meninggalkan Yerusalem sebelum kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi”. Artinya kita harus mempersiapkan diri untuk menerima kekuasaan dari tempat tinggi.

Apa yang mereka lakukan pada waktu itu? Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dan pada hari yang ke-10, tepat pada Hari Raya Pentakosta ketika mereka sedang melakukan itu tiba-tiba turunlah dari langit seperti tiupan angin keras dan mereka semakin sungguh-sungguh berdoa, lalu tiba-tiba tampaklah lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap kepada mereka masing-masing. Mereka penuh Roh Kudus dan mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa seperti yang diberikan Roh Kudus kepada mereka untuk mengatakannya. Dan itu adalah bahasa roh! Setelah murid-murid Tuhan Yesus dipenuhi dengan Roh Kudus dengan tanda awal berbahasa roh, mereka dipakai Tuhan secara luar biasa.

Sekitar 100 tahun kemudian, 70% dari wilayah yang dulu dikenal sebagai ‘dunia’ yang menjadi wilayah Kristen! Ini saya sebut dengan Pentakosta yang Pertama. Namun setelah itu kekristenan menurun tajam dan gereja memasuki masa kegelapan selama ± 1000 tahun. Pada masa ini jumlah orang Kristen adalah 30%  dari jumlah penduduk dunia; dan dari 30% ini 70%-nya dimenangkan mulai awal abad ke-20 atau tahun 1900-an yang dimulai melalui peristiwa Azusa Street, yaitu kebangunan rohani pada tahun 1906; di mana seorang hamba Tuhan berkulit hitam yang bernama William Seymour dipakai Tuhan secara luar biasa. Ini yang disebut dengan Pentakosta yang Kedua.

Melihat Pentakosta pertama dan kedua dahsyatnya seperti itu, maka yang Pentakosta Ketiga hebatnya akan luar biasa, sebab bumi akan penuh dengan kemuliaan Tuhan seperti air yang menutupi dasar laut. Tuhan berkata, “Hari-hari ini kita sedang memasuki Pentakosta yang Ketiga!”.

Apa yang terjadi ketika Roh Kudus dicurahkan melalui Pentakosta yang ketiga? Seperti apa yang tertulis dalam Yoel 2:28-32, yaitu:
1.  Tiga generasi akan dipakai Tuhan secara luar biasa (Yoel 2:28-29)
Kalau kita lihat sekarang sebenarnya ada 5 (lima) generasi, yaitu:
-  Generasi Z: lahir antara tahun 1998 - sekarang
-  Generasi Y: lahir tahun 1977 – 1997
-  Generasi X: lahir tahun 1965 – 1976
-  Generasi Baby Boomer: lahir tahun 1946-1964
-  Generasi Silent: usia 70 ke atas
    (lahir tahun1945 dan sebelumnya)
Saya mengerti bahwa 5 generasi akan dipakai Tuhan secara luar biasa. Amin!
2.  Mujizat akan terjadi secara luar biasa
      (Yoel 2:30-31)
3.  Goncangan akan terjadi secara luar biasa
4.  Penuaian jiwa besar-besaran akan terjadi
      (Yoel 2:32)

CIRI-CIRI ORANG YANG MENJADI SAKSI TUHAN
Mari kita melihat keadaan 2000 tahun yang lalu dan kita mulai instrospeksi diri.
1.  Khotbah Singkat Petrus Menuai 3000 Jiwa Yang Bertobat
Saat Petrus berkhotbah tidak sampai 4 menit, 3000 orang bertobat dan dibaptis. Itu terjadi 2000 tahun yang lalu, jika terjadi sekarang mungkin akan jutaan orang! Mungkin Saudara tidak bisa berkhotbah seperti itu, tetapi Saudara mungkin bisa berkata kepada teman Saudara atau keluarga, “Tuhan Yesus mengasihi anda”, tiba-tiba orang itu menangis lalu bertobat, terjadi mujizat yang terjadi luar biasa!

2. Pelayanan Yang Disertai Tanda dan Mujizat  (‘Sign & Wonder’)
Pada waktu itu Petrus dan Yohanes dipakai untuk menyembuhkan orang yang sakit lumpuh sejak lahir. Bayangan Petrus saja bisa menyembuhkan orang sakit. Saudara pun bisa dipakai Tuhan seperti itu.

KESAKSIAN DARI PEMIRSA TBN RUSIA
Saudara, kita sudah mengadakan 260x KKR Kesembuhan Ilahi dan ribuan orang sakit telah disembuhkan dan bertobat. Acara ini disiarkan di televisi, baik siaran di televisi Kristen seperti Life dan U-Channel, maupun televisi nasional seperti Indosiar dan RCTI.Di luar negeri, acara ini disiarkan melalui TBN Rusia sejak 22 Desember 2015 dalam bahasa Rusia. Ternyata orang yang berbahasa Rusia itu, mereka tersebar ke 180 negara termasuk Israel. Saya menerima beberapa kesaksian dari mereka, yaitu:

•  Kesaksian dari Grigoreth Galina yang berasal dari kota Kamenets Podolsky, Ukraina.
Galina berkata, “Terima kasih untuk program Anda, karena mujizat-mujizat dan kesaksian-kesaksian yang saya saksikan yang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia, saya menyadari bahwa mujizat untuk situasi saya tidaklah mustahil bagi Tuhan. Saya sudah menderita kanker payudara selama beberapa tahun. Dokter mengatakan kepada saya bahwa ada kemungkinan yang sangat kecil bagi saya untuk hidup setelah menjalani operasi besar yang harus kulalui. Saya menyaksikan TBN Rusia dan Pendeta Niko membangun iman saya. Minggu lalu saya pergi ke dokter karena penyakit saya telah meninggalkan tubuh saya. Saya mengetahuinya dan saya perlu mereka mengetahuinya juga. Para dokter sangat kaget, mereka tidak bisa berkata apa-apa. Saya berkata kepada mereka bahwa Tuhan telah menyembuhkan saya. Sekarang saya memberitakan tentang Yesus kepada semua orang yang saya kenal dan bahwa Dia ingin menyelamatkan dan menyembuhkan mereka juga. Terima
kasih, walaupun kita terpisah begitu jauhnya Tuhan mengerjakan mujizat-Nya yang luar biasa!”

•  Ada seorang yang juga bernama Galina dari St. Petersburg, Rusia yang ‘disembuhkan’ dalam bidang keuangan dengan cara yang ajaib.

•  Kesaksian Paul yang berasal dari Siberia:
“Selama bertahun-tahun saya kecanduan heroin atau benda semacamnya yang bisa saya dapatkan. Saya dilempari batu di rumah ibu saya dan saya melihat seorang pria Asia berbicara di TBN Rusia dan itu seperti dia sedang berbicara langsung kepada saya. Bagaimana dia bisa mengetahui situasi saya? Saya langsung menjadi sadar dan saya tahu bahwa saya membutuhkan apa yang dia ‘jual’. Tetapi dia sedang tidak menjual sesuatu kepada saya! Saya menerima Kristus dan keinginan saya untuk memakai narkoba meninggalkan saya dan saya mulai pergi ke gereja dengan ibu saya. Ayah saya melihat perubahan di dalam diri saya. Bertahun-tahun yang lalu dia telah menyerah atas situasi yang saya alami dan tidak memiliki harapan apa pun terhadap saya dan dia tidak mau ke gereja. Tetapi setelah dia melihat saya, dia akhirnya datang ke gereja dan mengenal kasih penebusan dari Yesus Kristus. Terima kasih Pendeta Niko karena telah berbicara kepada saya di saat saya membutuhkannya. Saya sudah disembuhkan dan dibebaskan!”

3.  Bertekun Dalam Pengajaran Rasul-Rasul dan Dalam Persekutuan
Mereka bertekun dalam pengajaran Rasul-rasul dan dalam persekutuan, dengan kata lain:
1.  Mereka suka membaca Alkitab dan belajar Alkitab
2. Mereka selalu berkumpul memecahkan roti dan berdoa. Ini berbicara tentang unity dan suka berdoa.
3. Mereka selalu bergembira dan tulus hati sambil memuji Allah.
4. Mereka suka memberi sehingga tidak ada yang berkekurangan.
5. Mereka disukai semua orang dan tiap-tiap hari jumlah orang-orang yang diselamatkan bertambah.

4.  Memberitakan Injil
Pada waktu itu mereka sedang di Yerusalem, keadaan mereka senang dan tidak ada yang berkekurangan, dan mereka hidup dalam persekutuan yang menyenangkan, tetapi tiba-tiba aniaya datang! Mereka harus lari dan lari! Sambil berlari mereka memberitakan Injil.

5.  Mengerti Adanya Perubahan Paradigma Pelayanan
Sebagai saksi Yesus harus mengerti adanya perubahan paradigma dalam pelayanan. Pelayanan itu tidak monoton tetapi ada perubahan paradigma. Mereka yang tadinya mengira bahwa keselamatan hanya untuk orang Yahudi saja, melalui peristiwa Kornelius, orang gentile atau bukan Yahudi yang percaya kepada Tuhan Yesus, yang dibaptis, dan dibaptis Roh Kudus serta berbahasa roh, yang kemudian menimbulkan satu perdebatan, tetapi karena mereka dipenuhi dengan Roh Kudus perdebatan itu berakhir dengan pengertian bahwa Tuhan Yesus ternyata tidak memberikan keselamatan kepada orang Yahudi saja, tetapi juga kepada bangsa-bangsa lain termasuk bangsa Indonesia.

Kalau Saudara melihat hari-hari ini bagaimana Timur Tengah, Afrika dan negara-negara muslim digoncang-goncang oleh Tuhan, itu karena Tuhan punya rencana untuk itu.
Yesaya 19:23-25 berkata, “Pada waktu itu akan ada jalan raya dari Mesir ke Asyur, sehingga orang Asyur dapat masuk ke Mesir dan orang Mesir ke Asyur, dan Mesir akan beribadah bersama-sama Asyur. Pada waktu itu Israel akan menjadi yang ketiga di samping Mesir dan di samping Asyur, suatu berkat di atas bumi, yang diberkati oleh TUHAN semesta alam dengan berfirman: “Diberkatilah Mesir, umat-Ku, dan Asyur, buatan tangan-Ku, dan Israel milik pusaka-Ku.”

Ketiga bangsa ini yaitu: Mesir, Asyur (Suriah) dan Israel adalah kekasih-kekasih Tuhan. Kalau Saudara melihat keadaan Suriah hari-hari ini, jauh dari perdamaian rasanya.Hati saya merasa tidak tahan jika melihat orang-orang Suriah yang harus lari, meninggal serta mengungsi, tetapi Tuhan izinkan itu terjadi. Di tengah-tengah pelariannya, saya mendapatkan laporan bahwa ada jutaan dari mereka yang didatangi Tuhan Yesus dalam mimpi dan penglihatan. Dan banyak dari mereka yang menjadi percaya! Ini adalah penggenapan. Demikian pula dengan Mesir dan Israel! Pada masa sengsara yang terakhir orang Mesir akan mengalami hal yang seperti ini dan mereka akan berseru, “Tuhan Yesus, Engkau adalah Tuhan dan Juruselamat kami!”.

PERSIAPAN MENJADI SAKSI YESUS
1. Bertekun dengan Sehati dalam Doa Bersama-sama
Bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama artinya berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam. Ini berbicara tentang RESTORASI PONDOK DAUD, MENARA DOA, KEHIDUPAN YANG INTIM DENGAN TUHAN, dan  DNA GEREJA KITA!

“Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku, demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, yang telah diketahui dari sejak semula.” Kisah Para Rasul 15:16-18

Tuhan Yesus merestorasi pondok Daud supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, artinya “Supaya setiap lutut bertelut, setiap lidah mengaku. Yesus adalah Tuhan!". Itu adalah cara untuk terjadinya satu penuaian jiwa yang besar. DNA gereja kita ini sudah diakui dan dilihat oleh internasional melalui Pentacostal Theological Seminary pada 28 April yang lalu. Maka dibuatlah satu “Chair” yang akan menyiarkan pengajaran ke seluruh dunia tentang “Restorasi Pondok Daud”. Dulu kita mendapatkannya secara profetik tetapi sekarang di-ilmukan! Ketika saya berdoa kepada Tuhan, Tuhan memberikan konfirmasi kepada saya dan kali ini Tuhan mengkonfirmasi secara profetik yang luar biasa melalui seorang hamba Tuhan yang bernama Chuck Pierce. Beliau pernah datang 10 tahun yang lalu dan menubuatkan saya tentang pelayanan healing yang kita lakukan sekarang dan itu benar! Di tahun ini, dalam bulan yang sama, yaitu bulan April ketika kita mendapatkan “Chair” tersebut Chuck Pierce mendapatkan dan menuliskan bahwa,
•  Kita sedang memasuki musim yang baru
•  Tubuh Kristus tidak akan sama lagi
Ini kemungkinan kunci utamanya adalah dalam doa syafaat, artinya berdoa syafaat untuk perubahan Tubuh Kristus yang tidak sama keadaannya.
• Kita sedang memasuki sebuah masa di mana Tabernakel Daud sedang dipertontonkan dan muncul di bumi. Ini akan berdampak kepada budaya agama-agama di seluruh bumi.

Ketika saya membaca ini, saya gemetar dan jantung saya berdebar, saya tahu bahwa Tuhan memberikan konfirmasi bahwa untuk ke depannya, hal-hal seperti itulah yang Tuhan mau kita lakukan di dalam mempersiapkan penuaian besar! Jadi sebetulnya DNA ini bukanlah DNA kita saja, karena seharusnya setiap anak Tuhan harus melakukannya, sebab itu berbicara tentang keintiman dengan Tuhan.

Chuck Pierce juga sampai meminta supaya kita sama-sama mendekritkan:
“Kami bersedia menjadi ekspresi Yehuda yang menciptakan prototype (model asli) bagi masa depan!”.
Churck Pierce juga mendapat penglihatan bahwa gereja di Amerika yang akan dipakai adalah orang-orang yang berkulit hitam termasuk Afrika. Mereka akan dipakai untuk merubah dan meluruskan apa yang salah yang telah dilakukan gereja hari-hari ini. Sebab kalau kita melihat model-model gereja di Amerika hari-hari ini; saya tidak menghakimi gereja-gereja; tetapi buat saya itu merupakan satu hal yang sulit saya terima. Tetapi Tuhan berjanji itu akan diubah!

Chuck Pierce berkata, “Gereja di Asia akan bangkit dan menciptakan sebuah prototipe yang belum pernah kita lihat!”. Melalui Jerusalem House of Prayer for All Nations, Empowered 21, pengakuan orang-orang Kristen dan gereja-gereja yang di Asia, kita dianggap “bapa”-nya. Mereka semua mengadopsi DNA kita tentang “Restorasi Pondok Daud” dan terjadi kebangunan rohani yang luar biasa!
• Di Taiwan sekarang terjadi pelipatgandaan orang Kristen yang bertobat.
• Di Mainland China dan Jepang, anak-anak muda bergerak dengan luar biasa.
• Pada awal bulan Juli, akan ada konferensi orang Vietnam sedunia di Indonesia di SICC! Tapi karena sesuatu hal, maka tempatnya dipindahkan ke GBI PRJ, namun mereka akan tetap ke menara doa di SICC secara bergantian. Acara ini rencananya akan dihadiri 750 orang dan itu bukan jumlah yang sedikit, malahan awalnya berjumlah 2000 orang dan saya berpikir bagaimana caranya mereka bisa keluar dari Vietnam itu bukan suatu hal yang mudah. Seperti pada waktu Mainland China datang ke SICC untuk mengikuti Empowered 21, terjadi hal yang sama.
• Srilanka pernah mendatangkan team ke SICC 1x dan begitu mereka kembali ke negaranya terjadi kebangunan rohani! Sekarang sudah ada 1000 pendeta yang berkumpul, padahal belum sampai 1 tahun revival terjadi di sana dan dengan izin pemerintah mereka mendirikan 1 denominasi baru dimana mereka juga minta supaya kita ikut serta disana sebagai “bapa”-nya bagi mereka.
Ini luar biasa dan saya tahu kalau berbicara tentang Asia dan prototipe, itu pasti berbicara tentang “Restorasi Pondok Daud!”
Selanjutnya Chuck Pierce berkata, “Untuk menyambut Pentakosta yang ke-3 ini kita diminta untuk banyak membaca Kitab Wahyu!”.
Mari kita baca Wahyu 1:3, “Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.”

Saudara, saya sudah berulang-ulang membaca Kitab Wahyu, tetapi apa yang saya baca hari-hari ini sungguh lain rasanya! Nanti Saudara yang sudah membaca biarlah membacanya lagi. Membacanya bukan berarti dalam 1 hari harus habiskan semua, tetapi Saudara bisa mulai ambil 2 - 3 pasal lalu merenungkan pasal tersebut! Nanti Saudara akan melihat bahwa ada sesuatu dan bagi saya itu sesuatu yang ‘fresh’, sesuatu yang baru, padahal itu sudah ada sebelumnya namun itu menjadi baru di mana Roh Kudus berbicara tentang sesuatu yang baru. Saudara nanti akan dituntun dan diberi pengertian apa yang Tuhan mau bukakan tentang keadaan dunia ke dapannya.

2.  Yudas diganti Matias
Yudas berbicara tentang orang yang cinta uang dan Tuhan akan ganti dengan Matias, artinya Tuhan akan membersihkan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Ada seorang hamba Tuhan yang bernama Luke Nebergahl yang mendapat satu penglihatan:
Ada satu sungai yang mengalir dari Tahta Allah ke tengah bangsa-bangsa, tetapi bukan sungai air melainkan sungai api.
•  Yang pertama sungai api revival
•  Yang kedua sungai api pemurnian
Dan tiba-tiba dia mendengar suara Tuhan Yesus dari tahta itu, “Engkau tidak dapat memiliki yang satu tanpa lainnya”. Jadi jika Saudara mau melihat revival, itu harus dibarengi dengan pemurnian. Karena itulah Yudas-Yudas akan diganti dengan Matias.

Saudara, Tuhan akan memproses kita semua. Di mana hartamu berada, di situ hatimu berada! Kalau hatinya ada pada uang, itu pasti akan Tuhan proses! Relakan hatimu untuk diproses.
Saya pernah disuruh menulis lagu oleh Tuhan: “Berkat-Mu yang telah kuterima, sempat membuatku terpesona….”. Saudara, saya diberi berkat oleh Tuhan, tetapi itu hanya sempat membuat saya terpesona, artinya tidak terus-menerus terpesona. Namun saya terus-menerus terpesona kepada Sang Pemberi berkat! Kalau Saudara sudah sampai ‘di sana’ nanti, Saudara akan lihat bahwa Saudara bukan tidak diberkati tetapi malah diberkati berlimpah-limpah! Sekarang fokus saya adalah  mempersiapkan diri untuk lebih lagi hidup lebih intim dengan Tuhan. Dan ternyata berkat itu datang terus kepada saya dan saya tahu bahwa berkat yang datang itu bukan hanya untuk saya sendiri, melainkan untuk disalurkan lagi kepada orang lain yang membutuhkan karena saya adalah saluran berkat-Nya Tuhan. Semakin Saudara memberi seperti itu, semakin banyak berkat yang datang kepada Saudara! Amin.


Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo,
Minggu – 5 Juni 2016 di JCC, Senayan.

GBI Jalan Jend Gatot Subroto