SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN AGUSTUS 2019 #3

18 Aug, 2019

Minggu 3

SETIAP SAAT ADALAH PEPERANGAN ROHANI. BERJAGA-JAGALAH!

(DEPENDABILITY VS INCONSISTENCY  PART 3)

Bahan Bacaan

1 Korintus 15:58, "Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia"

Penjelasan Materi

Youthers, ketahuilah bahwa salah satu kesulitan yang sering kita alami pada saat melakukan kebenaran Firman Tuhan di tengah-tengah dunia ini, adalah keputusan untuk tetap konsisten menjalankan kebenaran itu. Tapi justru  inilah salah satu tantangannya, yaitu agar kita mampu membuktikan bahwa kita adalah pengikut Kristus yang hidup dengan tetap konsisten dengan apa yang kita pikirkan, katakan dan lakukan tanpa keluar dari jalur kebenaran Firman Tuhan.

Memang tidak mudah untuk menjadi pribadi yang konsisten, dalam kisah di Alkitab, kita tahu bagaimana murid-murid Yesus sebagai orang percaya justru memiliki ketidakkonsistenan dalam hal kesetiaannya kepada Yesus. Mengapa demikian? Youthers, ingatkah kisah dalam Injil Matius 26:30-35, tentang beberapa waktu sebelum Petrus menyangkal Yesus tiga kali? Pada saat itu Petrus dengan jelas berjanji akan selalu bersama-sama dengan Yesus dan tidak akan menyangkaNya. Tetapi pada kenyataannya Petrus justru menyangkal Yesus. Pun dengan murid-murid lainnya yang meninggalkan Yesus, sampai-sampai Ia harus berhadapan dengan imam besar, Herodes dan Pontius Pilatus dan sendirian dalam menghadapi penderitaan-Nya di kayu salib tanpa pendampingan dari para murid. Youthers, di sini kita dapat melihat bentuk lain dati ketidakkonsistenan murid-murid  Yesus pada waktu itu.

Youthers, mungkin kita berpikir, pada saat itu  Petrus bisa saja tidak bermaksud dan merencanakan hendak berkhianat dengan menyangkal Yesus. Sama halnya dengan kita ketika kita melanggar Firman Tuhan dengan berbuat dosa, mungkin awalnya kita sama sekali tidak berbuat dosa, akan tetapi, ketika kita tidak berjaga-jaga dan waspada dalam setiap pilihan dan tindakan, maka di situlah kita akan jatuh terjerumus.

Sadarilah Youthers, bahwa dalam kecerdikannya, Iblis menggiring banyak orang Kristen seperti yang dialami Petrus. Oleh karena itu, kia sebagai orang percaya harus menyadari bahwa setiap saat adalah peperangan rohani dan kita harus berjaga-jaga. Percayalah Youthers, jika kita semakin membaca, merenungkan, dan memperkatakan Firman Tuhan, maka ketika kita semakin mendekat kepada Tuhan dan hidup kita yang tidak konsisten dan jiwa kita yang mudah goyah akan semakin diubahkan menjadi pribadi yang konsisten dan teguh pendirian

Bahan Diskusi : Bagaimana usaha kita untuk menjadi pribadi yang konsisten?