YUK…KEMBALI ONSITE!

12 Sep, 2022

Sudah sekian lama sejak kita melakukan banyak kegiatan dari rumah, atau yang biasa dikenal dengan daring atau online baik dalam hal bekerja, berbisnis, pelayanan bahkan beribadah. Situasi terus mengalami perkembangan dan kita melihat bagaimana karya Tuhan begitu nyata atas bangsa kita khususnya dalam penanganan pandemi. Sekarang semuanya sudah berangsur-angsur kembali normal, karenanya sudah waktunya kita kembali onsite dalam hal bersekutu (COOL) maupun beribadah raya. Mengapa kita harus datang, berkumpul dan beribadah secara onsite?

Mengalami perjumpaan dan merayakan Kristus.
"Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan." (1 Tim 3:16).
TUHAN YESUS adalah alasan kita yang utama untuk datang, berkumpul dan beribadah. Dia berjanji: "Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." (Mat 18:20). Itulah sebabnya, pastikan kita mengalami perjumpaan dengan YESUS dalam setiap ibadah kita! Dalam Ibadah di gereja, perjumpaan dengan Tuhan Yesus bisa terjadi secara pribadi (privat) maupun secara bersama (korporat). Izinkan Ia melawat kita, menghibur kita, memberikan kekuatan, menolong dan menyatakan kuasa-Nya dalam hidup kita. Dalam Ibadah, kita juga MERAYAKAN DIA. Kita memuji-muji Dia, bersorak dan menari bagi Dia serta sujud menyembah kepada-Nya bersama-sama dengan jemaat lainnya dalam unity sebagai persembahan kita yang paling utama (Roma 12:1).

Ada pengajaran firman yang memuridkan
"Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa." (Kis 2:42). "Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias." (Kis 5:42)
Selain perjumpaan dengan Kristus, pengajaran firman menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam ibadah kita dan alasan mengapa kita perlu beribadah secara onsite. Ibadah online memang memberikan kepada kita begitu berlimpahnya pengajaran-pengajaran yang bisa kita akses kapan saja, darimana saja, mulai dari dalam sampai luar negeri. Namun siapa yang dapat menolong kita untuk memastikan serta mempertanggungjawabkan bahwa setiap pengajaran yang kita terima adalah pengajaran yang alkitabiah dan sehat? Tidak ada!
Dalam gereja lokal kita dapat menerima pengajaran firman yang sehat dan alkitabiah, pengajaran firman yang dapat dipertanggungjawabkan (akuntabel), karena ada naungan rohani/ada payung rohani yang memastikan dan melakukan pengawasan. Pengajaran firman sangat penting bagi kita karena merupakan makanan rohani yang membuat kita terus bertumbuh secara rohani sebagai MURID KRISTUS.

Ada nasihat dan persekutuan
"Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,..." (Fil 2:1)
Adalah penting untuk memastikan langkah dan keputusan kita sesuai dengan Firman Tuhan agar apa yang kita buat berhasil dan beruntung (Maz 1:1-3; Yos 1:8). Itulah sebabnya kita perlu nasihat, kita perlu arahan dan bimbingan, kita perlu penghiburan. Dalam Kristus ada persekutuan (koinonia) yang artinya "partisipasi bersama" dimana kita bisa memgambil bagian secara aktif untuk melayani sesama orang percaya dan membangun tubuh Kristus. Dengan demikian kita mengobarkan karunia roh yang kita miliki! Kedua hal ini tentunya akan dengan mudah kita dapati jika kita beribadah secara onsite dimana kita bisa berinteraksi secara langsung dengan sesama orang percaya. (DL).

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto