YESUS PENYELAMATKU DENGAN DARAH-NYA YANG MAHAL

04 Mar, 2024

"Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat." 1 Petrus 1:18-19

PENDAHULUAN
Wanita Allah, bulan Maret 2024 ini kita mengingat hari kematian Tuhan Yesus Kristus. Marilah, sejenak kita merenungkan pengorbanan Tuhan bagi hidup kita, dimana seharusnya kita yang menerima hukuman tetapi semua telah digantikan oleh-Nya, darah Tuhan Yesus yang tercurah menjadikan kita sangat berharga dimata
Nya. Dalam keadaan sebagai manusia, Ia pun bergumul dengan Bapa-Nya di taman Getsmani, Ia berkata dalam Lukas 22:42: "ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi." Tuhan Yesus sebagai manusia sangat ketakutan untuk menanggung dosa-dosa kita, tetapi Tuhan Yesus rela mengorbankan nyawa-Nya, dikatakan sampai peluh-Nya menjadi titik darah yang bertetesan ke tanah (Lukas 22:44), oleh sebab itu jangan kita sia-siakan pengorbanan darah-Nya.

ISI
Wanita Allah, mari kita perhatikan darah-Nya yang sangat mahal.

1. Darah-Nya menyembuhkan (Yesaya 53:4).
Sakit penyakit kita ditanggung-Nya dan segala beban kita dipikul-Nya, Yesus melakukan itu karena Yesus sangat mengasihi kita, Yesus mau hidup kita menjadi berarti dan nyaman. Sesungguhnya kasih-Nya tiada bandingannya dan hanya Yesus yang sanggup melakukan itu.

2. Darah-Nya menundukkan kehendak kita pada Tuhan.
Manusia pada umumnya selalu mau lari dari kehendak-Nya, manusia tidak pernah puas dengan apa yang sudah diberikan Tuhan, dan Tuhan sangat tahu akan hal ini, maka dari itu Dia merelakan diri-Nya dianiaya supaya kehendak kita bisa tunduk pada diri-Nya. Kebiasaan-kebiasaan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan,
mari kita belajar untuk mengatakan "Hai jiwaku, tunduklah dengan kuasa darah Yesus" supaya hidupmu diberkati dengan luar biasa.

3. Darah-Nya tercurah dari kepala yang tertancap mahkota berduri. Darah Tuhan tercurah dari kepala yang tertancap mahkota berduri, artinya Tuhan Yesus menebus kita dari segala kemelaratan dan kemiskinan. Kehendak Allah adalah setiap manusia itu sempurna, tidak ada yang binasa melainkan diselamatkan (Yohanes 3:16). 2 Korintus 8:9 "Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya."

4. Darah yang tercurah untuk menanggung segala kejahatan kita (Yesaya 1:18). Sekotor apapun hidupmu Tuhan Yesus sanggup membersihkannya menjadi putih seperti bulu domba, Yesus saja yang dapat melakukannya, itu sebabnya keselamatan hanya melalui Yesus. Tidak ada satupun dari kita yang dapat selamat dan dapat membersihkan dosa kalau bukan karena kemurahan-Nya.
5. Tangan dan kaki-Nya berlubang paku.
Kita memiliki otoritas dalam hidup ini sehingga tetap dapat berkuasa atas segala apapun, Lukas 10:19 "Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu."

PENUTUP
Mari Wanita Allah, renungkan pengorbanan Tuhan Yesus, darah-Nya yang mahal telah menyelamatkan kita. Apa yang sudah kita berikan bagi Yesus?

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto