YESUS MENGECAM AHLI FARISI YANG MENGHUJAT ROH KUDUS

10 Apr, 2021

Bahan Bacaan
Matius 12 : 31 - 32
Penjelasan Materi
"Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.." Youths, kita tentu sudah sering mendengar ayat dalam bahan bacaan kita ini, tapi tahukah kita tentang konteks dan maksud dari ayat ini? Mari kita sama-sama blajar ya. Ayat ini terdapat di dalam perikop Mat. 12:22-37 dimana konteks kejadian pada perikop ini menceritakan tentang peristiwa pengusiran setan. Dua Injil lainnya juga menceritkan kejadian yang sama, yaitu pada Mrk. 3:20-30 dan Luk. 11:14-23; 6:43-45.
Diceritakan ada seorang yang kerasukan setan. Kerasukan itu mengakibatkannya buta dan bisu. Yesus menolongnya dengan mengusir setan di dalam dirinya sehingga kebutaan dan kebisuannya disembuhkan. Kesembuhan orang itu menimbulkan dua macam reaksi. Pertama, orang banyak takjub dan berpendapat: "Ia ini agaknya Anak Daud." Kedua, orang Farisi berpendapat: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Ia mengusir setan." . Nah Youths, reaksi dari orang-orang Farisi inilah yang ditanggapi dengan tegas dan keras oleh Yesus. Bagi Yesus, komentar dari orang-orang Farisi sudah termasuk kategori menghujat. Dalam hal ini, mereka bukannya sedang menghujat Yesus, melainkan menghujat Roh Kudus. Kita tahu Youths, bahwa Orang Farisi tidak suka dengan pribadi yesus, mereka selalu ingin menjatuhkanNya karena perasaan iri sdengki, ehingga ketika itu Orang Farisi telah mengeluarkan kata-kata kutuk dan hujat terhadap Roh Kudus, bukan lagi terhadap diri Yesus.
Jadi Youths, Orang Farisi ini dengan kesadaran penuh menolak Yesus mengusir setan dengan kuasa Roh Kudus Allahmalah justru menyebut Yesus memakai kuasa Beelzebul, penghulu setan. Padahal orang-orang Farisi yang notabene adalah kalangan terpelajar, yang mengenal Kitab Suci dan kebenaran, seharusnya juga sudah mengetahui kalau kuasa Yesus berasal dari Allah bukan dari setan. Orang Farisi benar-benar telah menghujat Roh Kudus. Mereka sudah melakukan dosa fatal atau dosa kekal atau dosa yang tak terampuni.. Ucapan jahat mereka, itu semua karena berasal dari hati mereka yang jahat. Youths, sekarang kita sudah sama
sama belajar tentang konteks ayat ini. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dosa menghujat Roh Kudus ialah sebuah peristiwa di mana kuasa Roh Allah sedang bekerja dengan nyata, namun seseorang secara sadar mengeraskan hati menyangkalinya, lantas mengatributkannya sebagai kuasa setan.
Bahan Diskusi : Apakah pernah kita temui di dunia nyata orang seperti orang Farisi yang menghujat Roh Kudus?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto