TUHAN MELIHAT HATI

06 Mar, 2021

“Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati”

-1 Samuel 16:7b-

PENDAHULUAN 

Umas sifat manusia pada umumnya selalu melihat paras yang elok, pekerjaan yang jabatan tinggi, status sosial yang dihormati. Firman Tuhan katakan bahwa kita harus menjaga hati dengan segala kewaspadaan, sebab dari sana terpancar kehidupan Amsal 4 ayat 23, inilah kesalahan manusia sehingga akan banyak kekecewaan yang diterima saat percaya kepada apa yang dilihat matanya. Oleh sebab itu umas yang dikasihi Tuhan marilah kita selalu mengandalkan Tuhan karena Tuhan selalu melihat hati kita.

ISI

Apa saja yang kita persiapkan agar hati kita berkenan kepada Tuhan ?

  1. Menyimpan Firman Tuhan (Ayub 22:22)

Umas agar Tuhan dapat melihat hati dan memilih, kita harus senantiasa menyimpan FirmanNya dalam hati. Biarlah Firman Tuhan itu bertumbuh dan berakar berbuah dalam kehidupan kita sehingga dengan itu kita dapat bertumbuh dan menyenangkan hati Tuhan.

  1. Menyimpan perkara-perkara Tuhan (Lukas 2:19)

Umas dalam hidup ini banyak hal yang akan terjadi dan terkadang kita tidak mengerti, namun mari kita belajar seperti Maria walau belum mengerti tetapi selalu menyimpan segala perkara Tuhan yang dia perbuat di dalam hatinya dan merenungkannya. Mungkin dalam hidup banyak kejadian yang belum kita mengerti kenapa harus terjadi, namun percayalah bahwa semua yang terjadi agar hati kita mengenal Tuhan dan percaya kepadaNya. Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umatKU dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepadaKU dengan segenap hatinya (Yeremia 24:7)

  1. Menyimpan janji Tuhan (Mazmur 19:11)

Selama kita berdoa menaikkan permohonan kepada Tuhan, sebenarnya kita telah mempunyai jaminan bahwa semua perjanjianNya akan diberikan bagi kita, namun yang menjadi persoalannya iyalah seringkali kita ragu dalam janji-janji Tuhan, kita tidak benar-benar menyimpan janjiNya dalam hati kita sehingga saat badai datang kita sudah penuh ketakutan, bukannya percaya pada Tuhan. Umas ! Tuhan melihat hati, oleh sebab itu biarlah kita selalu menyimpan janjiNya di dalam hati.

PENUTUP

 

Umas yang dikasihi Tuhan, Tuhan melihat hatimu yang terdalam sebab dari hati kita memikirkan segala sesuatu, untuk itu tetap periksa hatimu, Ia tidak pernah melupakan bahkan Ia akan memilih kita untuk menjadi alat di tanganNya untuk menyatakan kuasa dan kebesaranNya.


GBI Jalan Jend Gatot Subroto