The Power Of Hope

01 Feb, 2022

Bahan Bacaan :
Ratapan 3 : 24, "Tuhan adalah bagianku, kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya."

Penjelasan Materi :
( Shalom, per Bulan Februari ini, kami akan sapa para pembaca dengan kata teams ya,tidak lagi dengan Youths, karena bahan COT ini diperuntukkan bagi kalangan anak usia muda, JC dan Youth)
Teams, perlu kita ketahui, Kitab Ratapan ditulis oleh Nabi Yeremia dengan tema besar tentang kesusahan di masa sekarang dan harapan di masa depan. Kitab ini berisi Ratapan akan kejatuhan, kebinasaan, kehancuran Kota Yerusalem.
Penduduk kota sangat menderita, sedih dan putus asa. Tetapi dibalik itu, pesan yang ingin disampaikan adalah mereka masih memiliki harapan akan dipulihkan. Kasih dan pertolongan Tuhan akan datang kepada mereka yang bertobat dan tetap menantikan Tuhan.
Coba bayangkan Teams, apabila sesuatu yang kita banggakan, cintai, kagumi diambil, dihancurkan, diporakporandakan dari hidup kita, Pekerjaankah? Pelayanan kah? Keluarga kah? Kekayaan kah? Pasangan kah? (atau hal lainnya pikirkan sendiri..) Apa yang kira-kira terjadi pada kita? Marah kah? Frustasi kah? Depresi kah? Sakit hati kah? Putus asa kah? Pastinya kita akan sangat menderita!
Penderitaan berat itulah yang terjadi juga atas Bangsa Israel ketika itu Yerusalem yang dianggap mereka sebagai lambang kehadiran Allah, Kota yang indah, Putri Sion, kota yang tidak mungkin terkalahkan, tapi justru direbut bangsa Babel, Bait Allah dibakar dan dihancurkan, serta penduduk kota diangkut ke pembuangan
Bukankah dalam hidup ini kita juga sering mengalami penderitaan?
Selama kita masih bernafas, kita akan terus diperhadapkan masalah atau situasi di luar kendali kita yang kadang akan membuat kita menderita, sedih, sengsara, putus asa, tidak berdaya, mau menyerah atau bahkan ada yang ingin mengakhiri hidupnya
Pikirkan saat ini, apa tekanan terbesar yang sedang kita alami baik di keluarga, pelayanan, komunitas, sekolah, kampus, kantor, relasi pertemanan, hubungan dengan pasangan yang membuat kita sangat menderita? Broken home? Kesulitan ekonomi? dipecat? difitnah? tidak lulus? Belum dapat kerja? Terlilit hutang? Jatuh bangun melakukan dosa? Belum dapat jodoh? Toxic relationship? atau hal lainnya?
Atas semuanya itu jangan kuatir! Masih ada harapan di dalam Tuhan!
∙ Penderitaan yang Tuhan izinkan terjadi atas kita, hanya berlangsung untuk sesaat, tetapi kasih Nya yang besar tidak pernah berakhir (Rat 3:22). Ia masih mempunyai rencana indah bagi kita ∙ Tuhan itu baik dan pemurah kepada mereka yang menantikan Dia dalam kerendahan hati dan penyesalan ( Rat 3:24-27)
∙ Tuhan ingin menunjukkan belas kasihan-Nya kepada kita
Pengharapan Tidak Akan Mengecewakan!
Ketika berharap kepada Tuhan, Ia akan memberikan kekuatan yang baru bagi kita, diibaratkan seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, kita berlari dan tidak menjadi lesu, berjalan dan tidak menjadi lelah.
Masalahnya mungkin masih ada, tidak langsung hilang, tetapi kita dimampukan Tuhan melewatinya.
Give your full attention. Tuhan ingin mengangkat kita keluar dari depresi dan keputusasaan . Dia ingin kita dapat mengalami kedamaian, kepercayaan diri, dan sukacita. Tuhan mampu mengubah hidup kita menjadi lebih baik

Bahan Diskusi:
Apa tekanan atau penderitaan terbesar yang sedang kita alami saat ini? Apa yang kita rasakan & bagaimana kita mengatasinya?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto