SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN SEPTEMBER 2019 #1

01 Sep, 2019

Minggu 1

YESUS ADALAH PRIBADI YANG BERUCAP SYUKUR DAN TAHU BERTERIMA KASIH

(GRATITUDE VS UNTHANKFULNESS  PART 1)

Bahan Bacaan

1 Tesalonika 5:18  Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Yohanes 6:11,"Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki." 

 Penjelasan Materi:

"Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." Youthers, Firman Tuhan dalam bacaan kita di atas, menegaskan kepada kita bahwa mengucap syukur dalam segala hal kepada Tuhan itu adalah hal yang sangat penting. Perlu kita ketahui Youthers, bahwa kata "mengucap syukur" ini disampaikan Paulus kepada jemaat di Tesalonika yang notabenya mereka adalah penyembah-penyembah berhala, yang kemudian oleh pemberitaan Injil yang disampaikan Paulus, Silwanus dan Timotius, akhirnya mereka melayani Allah yang hidup dan benar (I Tes.1:9). Hal ini mengartikan bahwasanya  kata "mengucap syukur" tidak bisa diremehkan begitu saja. Karena ada dampak yang sangat luar biasa bagi orang yang mengucapkan kata-kata ini dengan sepenuh hati, dan pada Minggu pertama ini, kita mau belajar tentang teladan Yesus tentang mengucap syukur kepada BapaNya.

Tentunya Youthers masih ingat kisah Yesus memberi makan 5.000 orang dalam Injil Markus 6:34-44. "..  Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau. Mereka pun duduk berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang. Setelah mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap syukur, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya menyajikannya kepada orang-orang itu; begitu juga Ia membagikan kedua ikan itu kepada mereka semua. Lalu mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti sebanyak dua belas bakul penuh dan sisa-sisa ikan. Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki. " Ya, kisah ini memperlihatkan kepada kita bagaimana Yesus melakukan hal yang mustahil hanya dengan mengucap syukur kepada BapaNya saat itu setelah mengambil dan membagi 2 roti dan 2 ikan untuk memberi makan 5000 laki-laki belum termasuk wanita dan anak-anak dan yang lebih luar biasa lagi, mereka makan sampai kenyang dan menghasilkan sisa 12 bakul.

Youthers, di sinilah kita dapat memetik pelajaran bahwa ada kuasa dalam ucapan syukur. Yesus dalam kemanusianNya, selalu berucap syukur kepada BapaNya dalam segala keadaan. Ia tahu Bapa pegang kendali atas hidupNya, maka Ia tidak khawatir dan menunjukkan rasa terima kasihNya dengan selalu mengucap syukur

Bahan Diskusi : Dalam hal apa kita mudah dan sulit untuk mengucap syukur?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto