SUPLEMEN COOL/CoT YOUTH BULAN FEBRUARI 2019 #4

24 Feb, 2019

Minggu 4
(PERSEVERANCE VS GIVING UP - BERTEKUN VS MENYERAH PART 1)

Bahan Bacaan
Galatia 6:9, "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika
kita tidak menjadi lemah."

Penjelasan Materi
Youthers, dari Minggu ke-1 sampai ke-3, kita telah bersama memahami tentang hal bertekun dan menyerah. Pada Minggu ke-4 ini, kita diajar untuk tetap bersandar dan mengandalkan Tuhan agar kita dimampukan bertahan dan bertekun menghadapi setiap tantangan yang kita hadapi dari hari- ke hari. Memang tidak mudah, untuk tetap setia dan terus menaruh pengharapan pada Tuhan disaat sulit dibandingkan dengan keadaan yang seolah terasa mudah untuk kita jalani. Namun, dari apa yang sudah kita pelajari di satu bulan ini, kita diingatkan kembali bahwa terlepas dari situasi apapun yang kita lalui, hiduplah dengan iman pengharapan kepada Tuhan dan percaya kita akan beroleh kemenangan dari setiap proses yang Tuhan izinkan terjadi.
Kita memang punya pilihan, untuk menyerah dan tidak melanjutkan lagi atau bangkit dan terus menjalani dengan tekun dan setia atas rencana Tuhan yang sedang siapkan untuk masa depan kita. Kedua pilihan itu memiliki konsekuensi yang menyertainya, dan apapun pilihan kita, kita harus siap dengan konsekuensi itu. Tapi Youthers, sebagai anak-anak Tuhan, baiklah kita mengambil keputusan atas langkah kehidupan kita berdasar dengan kebenaran Firman Tuhan saja, bukan berdasar mau kita, ego kita, kepentingan kita dan apa yang membuat kita senang. Lebih dari itu, kita harus dengan rendah hati mengesampingkan kemauan kita demi kemauan Tuhan atas hidup kita. Walau terkadang yang Tuhan mau, berbanding terbalik dengan apa yang kita mau, pertanyaanya maukah kita tetap setia dan bertekun untuk terus berjalan dalam rencananya sekalipun kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan? Kita tidak perlu khawatir apa yang akan terjadi ke depan, karena Firman Tuhan mengatakan dalam Amsal 23:18, "Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang." Percaya bahwa Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya, apabila kita jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangan kita. Saat ini Youthers, tugas kita adalah terus melakukan kebaikan dan terus hidup berkenan di hadapanNya, seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam Galatia 6:9, "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah."

Bahan Diskusi:
Apakah kita pernah berhenti berdoa dan berharap terhadap sesuatu hal kepada Tuhan dan menyerah? Apa yang membuat kita melakukan hal itu? Maukah saat ini kita kembali bangkit dan percaya akan janji Tuhan dalam hidup kita?