ROH KUDUS MENGUBAH HIDUPKU

17 Jun, 2024

Roh Kudus adalah salah satu Pribadi Tritunggal, bersama dengan Bapa dan Tuhan Yesus. Roh Kudus adalah Tuhan. Dalam hidup orang percaya, Roh Kudus bekerja mengubahkan hidup kita. Pertama dan yang utama, Roh Kudus melahirkan kita kembali serta memeteraikan keselamatan kita pada saat kita lahir baru. Kemudian Roh Kudus memenuhi kita, menguasai kita, menenggelamkan kita dalam hadirat dan kuasa-Nya pada saat kita dibaptis oleh Roh Kudus.
Namun, apa yang Ia kerjakan tidak berhenti sampai disana. Roh Kudus terus menerus mengubahkan hidup. Kita akan merenungkan 4 (empat) hal yang Roh Kudus kerjakan dalam mengubahkan hidup orang percaya:

Roh Kudus memberikan kita kekuatan dan pertolongan untuk hidup kudus
"Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya:
"Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita." (Lukas 1:67-68, 74-75)

Kita harus kudus sebagaimana teladan yang Kristus berikan. Hidup kudus berarti beribadah kepada Tuhan dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan Tuhan seumur hidup kita. Kita memang tidak bisa melakukannya dengan kekuatan kita sendiri. Roh Kudus memberikan kekuatan dan pertolongan (Galatia 5:16-17).

Roh Kudus membantu kita dalam berdoa, memuji dan meyembah Tuhan
Sekedar dengan kekuatan kita sendiri, kita sesungguhnya banyak kekurangan dan kelemahan, termasuk dalam berdoa, memuji dan menyembah. Tapi syukur kepada Allah sebab Roh Kudus membantu kita sebagaimana dinyatakan dalam firman-Nya:
"Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku." (1 Korintus 14:15)
Seperti juga disampaikan rasul Paulus dalam Roma 8:26.

Roh Kudus menolong kita memiliki gaya hidup yang sesuai Firman Tuhan
Orang percaya yang dipenuhi Roh Kudus akan tampil berbeda sebab Roh Kudus menolong kita memiliki gaya hidup yang baru, yang sesuai dengan firman-Nya.

Kisah Para Rasul 2:42, 47 (TB)
"Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan."

Gaya hidup orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah bertekun dalam persekutuan, tekun membaca dan mendalami pengajaran firman Tuhan, suka berdoa, memuji dan menyembah serta disukai oleh semua orang.

Roh Kudus menyertai kita dalam menyelesaikan amanat agung Tuhan Yesus.

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8)

Yang tidak kalah penting adalah bahwa Roh Kudus memberikan kita kuasa, Ia memperlengkapi dan menyertai kita dalam menyelesaikan Amanat Agung, artinya dalam kita menjadi saksi Yesus, bersaksi tentang Tuhan Yesus dan memuridkan jiwa-jiwa. Ini adalah kehendak Tuhan! Dimana setiap orang di bumi memiliki kesempatan yang sama untuk mengalami perjumpaan yang autentik dengan Tuhan melalui kuasa dan kehadiran Roh Kudus. (DL).

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto