ROH KUDUS MEMAMPUKAN KITA SERUPA DENGAN KRISTUS

15 Mar, 2021

Bahan Bacaan 

2 Korintus 3:18, “Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar” 

Penjelasan Materi 

Youths, di Minggu kedua kita sudah sama-sama belajar bahwa kita harus memiliki kerelaan hati untuk  diproses agar semakin serupa dengan Kristus. Akan tetapi, kita tidak bisa jika hanya mengandalkan  kekuatan kita sendiri. Hanya Roh Kuduslah yang mempunyai kuasa untuk membuat perubahan yang  Tuhan inginkan dalam kehidupan kita. Kita mengizinkan Kristus untuk hidup melalui kita. Roh  Kuduslah yang bertugas menghasilkan karakter yang serupa dengan Kristus di dalam diri kita. Perhatikan  Firman Tuhan dalam 2 Kor. 3:18,, “Ketika Roh Tuhan bekerja di dalam diri kita, kita diubahkan menjadi semakin dan semakin menyerupai Dia dalam kemuliaan yang semakin besar. Proses perubahan kita menjadi lebih menyerupai Yesus disebut pengudusan

Jadi Youths, dari dalam diri kita juga harus bekerja sama dengan Roh Kudus. Roh kudus akan melepaskan  kuasaNya pada saat kita mau mengambil langkah iman. Usaha kita sangat berhubungan dengan  pertumbuhan rohani kita. Tapi kalau kita hanya berpangku tangan, diam dan hanya menunggu Roh  Kudus bekerja, tanpa ada usaha, kemauan dan langkah iman, maka akan sulit Roh Kudus bekerja dalam  diri kita untuk mengubahkan hati dan hidup kita. 

Paulus menjelaskan dalam Efesus 4:22-24 , tiga tanggung jawab kita untuk menjadi serupa dengan  Kristus. 

1. Pertama, kita harus memilih untuk melepaskan cara-cara bertindak yang lama. 2. Kedua, kita harus mengubah cara berpikir. 

3. Ketiga, kita harus mengenakan karakter Kristus dengan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan saleh  yang baru 

Youths, ingat baik apa yang sudah kita bahas di awal, bahwa kita tidak dapat menggunakan kekuatan kita  sendiri untuk dapat menjadi serupa dengan Kristus. Tapi ada Roh Kudus yang dapat memampukan kita  asal kita mau dan memiliki langkah iman untuk berubah. 

 

Bahan diskusi: Di bidang manakah dalam hidup kita memerlukan kuasa Roh untuk menjadi serupa  dengan Kristus hari ini?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto