PROSES MENJADI MANUSIA BARU

15 Feb, 2021

Bahan Bacaan
Kolose 3:5-10


Penjelasan Materi
Youths, menjadi manusia baru berhubungan dengan integritas kita sebagai pengikut Kristus, kita harus menjadi pribadi yang memiliki prinsip dan nilai hidup yang kokoh tanpa mendua. Manusia baru dan lama tidak bisa bersatu di dalam diri kita, kalau kita biarkan, maka hidup kita akan terombang-ambing, serta tidak dapat mencapai tujuan hidup yang maksimal. Kita tidak bisa memainkan dua karakter yang bertolak-belakang sekaligus, seperti hidup sebagai orang yang jujur tetapi di saat yang sama juga suka berbohong, mengkotbahkan tentang kebenaran Firman, tapi disatu sisi kita tidak melakukannya, bukankah ini yang disebut dengan sifat yang munafik?

Youths, sifat manusia baru memang harus selaras dengan kebenaran firman Tuhan dan menuntun kita kepada kedewasaan rohani. Mungkin kita selalu berusaha setiap harinya untuk meninggalkan sifat lama yang masih ada di dalam diri kita dan mengenakan sifat baru yang berkenan kepada Allah, tapi lagi-lagi gagal. Mungkin kita pernah ada dalam kondisi, dimana terkadang kita sudah berusaha, namun jatuh lagi pada karakter manusia lama kita. Youths, yang terpenting jangan menyerah. Teruslah mengusahakan setiap harinya untuk mencoba menjadi pribadi yang lebih baik. Tentu saja ini membutuhkan proses dan tekad yang kuat untuk bangkit lagi saat kita terjatuh dan berusaha lagi untuk hidup di dalamnya dan terus minta tuntunan Tuhan agar Roh Kudus memperbarui roh dan pikiran kita agar serupa denganNya.

Mungkin juga kita bertanya-tanya, apa perlu kita bertahan untuk menjadi manusia baru? Mungkin kita ragu, kita lelah dan merasa usaha kita sia-sia, mungkin orang-orang disekitar kita tidak menjadi teladan yang baik, mungkin kita kecewa dan merasa bahwa tidak masalah jika hidup kita masih berbalik sesekali pada manusia lama kita, sehingga kita merasa lebih bebas dan tidak terbeban. Youths, buanglah jauh-jauh pemikiran seperti ini, sebab di dalam Tuhan tidak ada yang sia-sia. Tugas kita sebagai orang yang telah dimateraikan olehNya adalah tetap menjaga keselamatan yang telah ada di dalam hidup kita itu agar tidak hilang dinodai "kehidupan manusia lama yang sia-sia".
Youths, proses untuk berubah menjadi manusia baru ini memang kadang bisa sangat menyakitkan. Tetapi bila kita telah berhasil mencapainya maka kita akan menjadi orang yang paling berbahagia di dunia ini. Inilah jenis kehidupan yang dijalani oleh Yesus Kristus ketika Dia menjalani hidup sebagai manusia di dunia ini. Dan menularkan kehidupan baru ini kepada setiap orang yang bersedia untuk menjadi muridNya

Bahan diskusi: Apa kesulitan terbesarmu untuk menjadi manusia baru?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto