PERUBAHAN PARADIGMA #3 : PERGANTIAN GENERASI

24 Aug, 2020

Bahan Bacaan
2 Raja-raja 2

Penjelasan Materi
Youths, perlu kita ketahui bahwa menurut World Health Organization, angka kematian akibat Covid 19, paling banyak terjadi pada penderita yang berusia 80 tahun ke atas dengan persentase mencapai lebih dari 22%. Mengapa lansia lebih rentan terhadap paparan virus corona dibanding anak muda? Karena bertambahnya usia seseorang, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan, kekuatan dan fungsi organ-organ tubuh menurun, juga sistem imun sebagai pelindung tubuh pun tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya saat masih muda. Para pemuda dianggap lebih kuat terhadap infeksi virus karena dianggap sebagai tenaga produktif memiliki imunitas tinggi untuk bisa bertahan dari penyakit ini.

Youths, dari penjelasan di atas, kita paham bahwa sebagai anak-anak muda, kita memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi dibanding orang-orang tua. Ini menyebabkan produktivitas generasi muda akan lebih meningkat dibanding para orangtua. Maka jangan kaget Youths, jika hari-hari ini anak-anak muda akan lebih dipercayakan banyak hal, akan lebih dimaksimalkan, diberikan tanggung jawab yang lebih dari sebelumnya, akan didelegasikan tugas-tugas dari generasi di atas kita dan berada di posisi terdepan dalam pelayanan, pekerjaan, studi, keluarga, dan dalam segala aspek kehidupan kita.

Youths, dari sini kita mengerti bahwa sepertinya keadaan memperlihatkan kita akan ada pergantian generasi, dimana generasi orangtua akan memberi tugas dan tanggungjawab kepada generasi muda, yang tak lain adalah kita. Kita ini seperti Elisa, yang mewakili generasi muda yang akan melakukan tugas yang lebih besar. Jika kita baca kitab 2 Raja 2, Nabi Elia melemparkan jubah kepada Elisa, hal ini yang melambangkan pemberian otoritas sebagai seorang nabi. Kitapun harus siap, jika pemimpin kita "melemparkan jubahnya" kepada kita dalam artian, kita diberikan tugas dan tanggung jawan baru yang lebih lagi dari sebelumnya.
Pertanyaannya, bagaimana kita harus mempersiapkan diri agar dapat menjalankannya dengan maksimal? Pada Minggu sebelumnya kita sudah membahas 2 hal untuk mempersiapkan diri yaitu kita harus siap sedia, jangan keraskan hati dan jangan tolak panggilan kita dalam melayani melainkan taat apa yang Tuhan kehendaki serta kita harus asah dan gunakan talenta yang kita miliki, selain itu berikut hal yang harus kita lakukan:
Miliki mentor/pembimbing/orangtua rohani
Elisa menjadi pelayan Elia dan Elia menjadi bapak rohani yang menjadi mentor bagi Elisa. Elisa sangat setia kepada Elia sebagai nabi atasannya. Elisa dikenal sebagai "yang dahulu melayani Elia". Untuk kita kita harus memiliki mentor rohani dan bersedia menerima dan melaksanakan bimbingannya
Setia kepada pemimpin/otoritas yang Tuhan taruh di atas kita
Elisa terus mengikuti kemanapun Elia pergi. Elia pergi ke Gilgal, Bethel, Yerikho, dan sungai Yordan. Elisa tetap ikut meskipun dilarang oleh Elia. Biarlah kita juga berlaku setia terhadap otoritas yang Tuhan taruh di atas kita, baik itu atasan kita, orangtua, Gembala dan suami sebagai kepala keluarga

Bahan Diskusi: Adakah tanggungjawab baru yang diberikai generasi di atas kita kepada kita ?

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto