PERTOLONGAN TUHAN SELALU TEPAT PADA WAKTUNYA

04 Oct, 2021

"Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan,
kamu akan menerimanya."
Matius 21:22

Tidak terasa sudah 1 tahun lebih pandemi ini melanda. Banyak perusahaan gulung tikar, dan tidak sedikit pekerja yang mengalami PHK. Dunia kerja pun tergoncang dengan adanya pandemi ini. Mencari kerja semakin sulit. Pandemi COVID-19 merupakan tantangan bagi pengusaha juga pekerja. Namun tidak bagi Ibu Ervin, Tuhan membuka jalan baginya untuk tempat kerja yang baru di masa pandemi ini. Di bawah ini ia menuturkan pengalaman dan kesaksiannya.

Satu hal yang bisa saya katakan, Tuhan Yesus itu baik. Saya melihat pemeliharaan dan campur tangan Tuhan dalam hidup saya itu luar biasa. Di masa pandemi ini saya mengambil keputusan untuk resign; berhenti dari tempat kerja. Saya tahu ini adalah keputusan yang sebenarnya sulit saya lakukan. Kita tahu masa pandemi ini banyak perusahaan yang mengurangi karyawannya, atau ada juga yang tidak dapat meneruskan usahanya alias bangkrut.

Namun setelah 4 tahun saya bekerja, banyak hal yang saya alami itu tidak enak. Saya sering kena marah untuk suatu kesa─║ahan yang tidak saya lakukan. Saya mencoba bertahan, mengingat ada anak yang saya harus hidupi. Dan sebagai orang tua tunggal, saya mencoba untuk bertahan.

Tetapi lama kelamaan saya tidak tahan juga, intimidasi itu semakin berat saya rasakan dan akhirnya pada bulan Maret 2021 saya pun mengambil keputusan untuk berhenti bekerja. Walaupun rasanya berat, tetapi saya tidak mau kehilangan damai sejahtera.

Saya dan anak bertahan hidup dengan berbekal uang pesangon yang ada, sambil mencari lowongan pekerjaan. Rasanya tidak mudah mencari pekerjaan di masa pandemi ini, namun saya tetap optimis. Saya berdoa, saya percaya Tuhan pasti menolong.

Saya mulai mengirim surat lamaran kerja ke beberapa tempat, namun hasilnya nihil. Namun saya tetap percaya bahwa pasti ada lapangan pekerjaan yang Tuhan sediakan untuk saya.

Bulan Mei 2021 tanpa sengaja saya melihat ada Healing Movement Ministry Online (HMMO) di Facebook. Lalu saya melihat ada formulir doa yang disediakan bagi siapa saja yang mau didoakan. Saya pun menuliskan kerinduan saya, yaitu untuk dapat pekerjaan. Saya bawa dalam doa, dan percaya Tuhan pasti menolong, Tuhan tahu tempat yang terbaik yang akan Ia sediakan. Saya belajar berharap sepenuhnya hanya kepada Tuhan saja.

Hingga akhirnya... Puji Tuhan, setelah menunggu penantian beberapa bulan, pada bulan Juni 2021 saya mendapat panggilan kerja. Yang membuat saya takjub, saya bukan hanya diterima pada satu tempat saja, melainkan 2 perusahaan. Saya sangat bersukacita.

Pada bulan Juli 2021 saya pun kembali mendaftarkan diri di zoom HMMO untuk menyaksikan tentang kebaikan Tuhan yang sudah saya terima, yaitu jawaban doa, bahwa saya sudah mendapatkan pekerjaan. Tuhan Yesus sungguh amat baik, pemeliharaan-Nya amat dahsyat.

Kita semua tahu bahwa masa pandemi ini sangat sulit mencari pekerjaan, banyak perusahaan merumahkan karyawannya dan bahkan melakukan PHK. Namun Tuhan dapat melakukan perkara yang ajaib dalam hidup saya. Selama 3 bulan saya menanti kabar lamaran kerja, selama itu pula Tuhan pelihara hidup saya dengan baik. Sampai akhirnya Tuhan menjawab doa saya tepat pada waktu-Nya.

Saya memilih 1 dari 2 pilihan yang Tuhan berikan, karena di tempat inilah saya bisa mendapatkan hal-hal yang lebih, yang tidak saya dapatkan di tempat kerja sebelumnya. Ada banyak kesempatan, fasilitas dan suasana yang berbeda, sesuatu yang baru tentunya akan lebih memotivasi saya lebih maksimal lagi dalam bekerja. Firman Tuhan mengatakan:

"Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya,
susah payah tidak akan menambahinya"
Amsal 10.22

Saya bersyukur buat jawaban permohonan doa yang Tuhan kabulkan. Saya percaya Tuhan mempunyai waktu yang tepat untuk menjawab doa. Tidak ada kata yang tidak mungkin untuk Tuhan lakukan buat kita anak-anak-Nya, sekalipun kondisi yang kita lihat itu berbeda dari apa yang kita harapkan. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil dan mujizat-Nya itu masih ada dan nyata sampai hari ini.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto