PAKAILAH PAKAIAN ROHANI YANG BERSIH

08 Feb, 2021

"supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya"
-Efesus 4:23-24-

PENDAHULUAN
Wanita, setiap orang pasti akan selalu mengganti pakaiannya setiap hari. Pakaian yang tidak diganti setiap hari akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan warna pakaiannya berubah-ubah. Wanita cobalah saat kita tidak mengganti pakaian satu hari saja, apalagi sepanjang hari saat udara panas dan membuat keringat bertambah banyak maka baju akan menjadi basah, bahkan kalau tiba-tiba pakaian terkena kotoran, lalu kita biarkan pakaian yang terkena kotor itu ada di badan seharian, apakah yang akan kita rasakan ? pastinya kita tidak akan merasa nyaman dan akan berusaha untuk mandi, setelah itu mengenakan pakaian yang bersih demikian dengan kehidupan rohani kita yaitu perlu mengenakan pakaian bersih setiap hari dan tidak lagi mengenakan pakaian kotor.

ISI
Ada beberapa pakaian kotor yang perlu kita tanggalkan dan kita mengenakan pakaian yang bersih dalam kehidupan rohani kita yaitu.

Membuang segala dusta dan berkata benar (Efesus 4:25)
Wanita kata dunia dusta atau bohong untuk kebenaran itu tidak apa-apa, tetapi menurut firman Tuhan itu adalah dosa, kita tidak bisa serupa dengan dunia ini dan berusaha menutup kebenaran dengan berbagai alasan. Jangan beri kesempatan kepada iblis, wanita marilah kenakan pakaian kebenaran sehingga dapat berbicara benar dan jujur, kepada seorang dengan yang lain sehingga kita menjadi benar dihadapan Tuhan, diri sendiri, dan orang lain.

Orang yang tidak mencuri lagi (Efesus 4:28)
Tindakan mencuri dapat dilihat dari segi apapun seperti kita tidak mengembalikan perpuluhan, mengambil uang suami dengan diam-diam, menyalahgunakan kekuasaan, mengambil keuntungan lebih dari yang sebenarnya, ini merupakan sebagian tindakan mencuri oleh sebab itu bekerjalah dengan giat dan melakukan pekerjaan yang baik, dengan tangan sendiri dan jadi berkat bagi keluarga juga orang lain yang berkekurangan.

Tidak mengeluarkan perkataan kotor dari mulutmu (Efesus 4:29)
Wanita pergunakan lidahmu untuk memuliakan Allah, sama seperti 1 pohon tidak mungkin mengeluarkan 2 jenis buah, kita tidak boleh sebentar menggunakan lidah kita untuk Tuhan, tetapi kemudian mengeluarkan kata-kata kutuk dan caci maki, Yakobus 3:9-12 mari kenakan perkataan yang memuliakan Tuhan dalam kehidupan kita sehingga Tuhan disenangkan.

Buanglah segala kepahitan, kemarahan, kegeraman, pertikaian, fitnah dibuang dari antara kamu (Efesus 4:31)
Di dalam hidup kita tidak ada lagi semua hal di atas, inilah yang menghambat perkembangan iman kita, efesus 4:1 sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu. Hidup kita harus berpadanan dengan panggilan kita sebagai anak Tuhan, marilah kita berubah tetaplah kita mengampuni orang yang telah berbuat jahat kepada kita.

Tidak mendukakan Roh Kudus (Efesus 4:30)
Wanita apa saja kelakuan kita yang tidak seperti Yesus, baik perkataan ataupun sikap hati yang salah mengartikan bahwa kita sedang mendukakan Roh Kudus, sebab itu mari kita jadi pelaku firman Tuhan tunduklah pada kebenaranNya, ubahlah pakaian kotor kita dengan pakaian yang bersih di hadapanNya.

PENUTUP
Wanita Allah, mari belajar dari kelima hal diatas memang tidak mudah, tetapi bersama Roh Kudus kita dapat mengenakan pakaian rohani yang bersih sehingga kita berkenan di hadapanNya.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto