PAHLAWAN IMAN

08 Apr, 2024

"Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik." -Ibrani 11:31-

PENDAHULUAN
Wanita, Indonesia memiliki pahlawan yang membela nasib para kaum wanita, dia adalah Raden Ajeng Kartini. Kartini, seorang perempuan yang mengangkat derajat kaum wanita, dia seorang wanita yang luar biasa, dan tanggal 21 April menjadi peringatan hari Kartini. Demikian juga di Alkitab ada seorang wanita bernama Rahab, status sosialnya kurang baik karena Rahab adalah seorang pelacur, namun ternyata Rahab menjadi seorang pahlawan iman. Tuhan kita sangat luar biasa, Dia tidak melihat apa latar belakang seseorang, Tuhan mengangkat Rahab dituliskan sejajar dengan Abraham, Musa, Nuh dan Henokh (Ibrani 11).

ISI
Apa yang membuat Rahab menjadi pahlawan iman?

1. Rahab mendengar dan percaya kedahsyatan Allah (Yosua 2:9-11). Wanita, perbuatan Tuhan Yesus sungguh luar biasa dan ini patut kita saksikan bagi orang lain. Roma 10:17 "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." Kita dapat menjadi saksi bagi orang-orang yang belum percaya Tuhan, Mazmur 40:6 berkata "Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang Ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung."

2. Iman Rahab disertai dengan tindakan (Yosua 2:17-18).
Rahab taat melakukan tindakan yang telah diperintahkan, yaitu dengan memasang tali dari benang kirmizi (benang merah) yang diikatkan ke jendela sehingga seluruh keluarganya diselamatkan dan terluput dari ancaman musuh. Mazmur 91:7 "Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu."

3. Imannya disesuaikan dengan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan (Yosua 6:25). Rahab berubah setelah melihat perbuatan Tuhan yang luar biasa, seorang wanita sundal yang mengalami pertobatan. Rahab menyatu dengan komunitas orang Israel, Rahab hidup dilingkungan orang benar. Wanita, hidup ini harus ada perubahan ke arah yang lebih baik sehingga diberkati berlimpah-limpah.

PENUTUP
Wanita, mau jadi pahlawan iman dalam keluargamu?
- Rahab diubah menjadi pahlawan iman karena ada iman yang luar biasa, percaya kepada Tuhan Yesus.
- Rahab pembela keluarganya.
Wanita, inilah waktunya kita membela keluarga yang belum diselamatkan dengan membawa mereka kepada Tuhan melalui keteladanan kita, Tuhan memberkati seluruh keluarga kita (Mazmur 112:1-3). Percayalah wanita, "Habis gelap terbitlah terang."

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto