NIKMATI PROSESNYA

22 Mar, 2021

Bahan Bacaan 

Galatia 4:19,"Hai anak-anakku, karena kamu akan menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata  di dalam kamu." 

Penjelasan Materi 

Youths, untuk menjadi serupa dengan Kristus juga berarti ada buah-buah Roh yang kita hasilkan (Galatia  5:22-23). Ada tiga hal yang berkontribusi agar kita bisa menjadi lebih seperti Kristus, yaitu: 

1) Menjadi lebih serupa seperti Kristus merupakan hasil dari berserah. sepenuhnya dan seutuhnya  kepada Allah. Kita merelakan tubuh kita sebagai “korban yang hidup”, sehingga pikiran kita ikut  diperbaharui dan diubahkan. 

2) Menjadi lebih serupa seperti Kristus adalah hasil kemerdekaan dari dosa. Karena Yesus  menjalani kehidupan tanpa dosa, maka kita harus semakin menganggap diri kita sudah “mati bagi  dosa” (Rom 6:11). Jika kita menjalani kehidupan yang mengejar kekudusan, maka kita akan  menjadi semakin seperti Yesus.  

3) Menjadi lebih serupa seperti Kristus adalah hasil dari pertumbuhan iman Kristen

Namun Youths, semua itu membutuhkan proses. Proses untuk menjadi serupa dengan Kristus itu akan  sangat menyakitkan bila kita terus memberontak. Jadi ingat baik bahwa Tuhan adalah Sang Penjunan,  dan kita hanyalah tanah liat, maka izinkan diri kita dibentuk sedemikian rupa walau terasa menyakitkan.  Jadi jangan terus melawan prosesnya, tapi nikmati dan jalani saja. Karena di akhir proses nanti, kita akan  keluar sebagai bejana yang indah dan berharga. 

Selama kita masih hidup, maka Dia akan terus membentuk dan memproses kita sesuai yang Ia kehendaki, mengikis dan menghancurkan karakter-karakter hidup kita yang tidak berkenan sampai kita  menjadi sama dengan gambarNya. Youths, percayalah sejauh apapun kita mencoba lari dan menolak,  Tuhan akan tetap tarik kita kembali 

Bahan diskusi: 

 

Dala hal-hal apa saja kah, kita perlu diproses dan dimurnikan? Apa saja proses yang telah dan belum kita  alami dalam mengejar keserupaan dengan Kristus?

GBI Jalan Jend Gatot Subroto