MENGHADAPI KEHIDUPAN DALAM COVID 19

20 Jul, 2020

"Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan"
-Yakobus 1:2-

PENDAHULUAN
Wanita hari-hari ini hampir seluruh dunia menghadapi covid 19, virus corona yang membuat orang banyak mengalami ketakutan dan kekuatiran, sebab kita mendengar bahwa virus tersebut mematikan. Saat ini penduduk Indonesia diajarkan untuk selalu menjaga kesehatan dan mengikuti peraturan-peraturan protokol kesehatan. Covid 19 berdampak sangat besar bagi Indonesia tidak hanya menyerang pada hal kesehatan tetapi saat ini telah menyerang ekonomi, perusahaan mengalami kebangkrutan oleh karena itu banyak pegawai yang di PHK (pemutusan hubungan kerja).

ISI
Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi masa-masa seperti saat ini ?

Mengerti kehendak Allah (Efesus 5:17)
Situasi ini Tuhan ijinkan untuk terjadi dalam kehidupan kita, untuk sarana membentuk kita wanita Allah. Kita tidak perlu takut dan kuatir, percayalah kepada Tuhan dengan segenap hati sebab Tuhan akan menyertai dan melindungi kita. Lewati masa-masa ini dengan terus mendekatkan diri kita untuk selalu berada dalam hadirat Tuhan, apapun yang terjadi mengucap syukur, memuji Tuhan sebab Tuhan baik bahwasanya untuk selamanya kasih setiaNya.

Respon dengan benar (1 Petrus 1:6-7)
Saat kita sedang dalam pergumulan dan masalah hati kita sedang berdukacita, namun Tuhan berkata dalam firmanNya bahwa kita harus tetap bergembira dan bersukacita selalu atas setiap keadaan yang kita alami. Tuhan mengajarkan kita tetap memiliki respon yang benar dalam menghadapi covid 19 yang terjadi saat ini, Tuhan sedang menguji iman percaya kita. Minta kekuatan Roh Kudus supaya kita selalu meresponi dengan benar.

Hati yang percaya (Yakobus 1:6)
Untuk mengatasi covid 19 ini kita perlu mempunyai hati yang percaya, yang beriman kepada Tuhan Yesus. Percaya berarti tidak bimbang, tidak kuatir dan tidak takut. Terus tingkatkan pengharapan kepada Tuhan Yesus, percaya Dia sanggup merubah yang tidak baik menjadi baik, 1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.


PENUTUP
Wanita Allah, tidak ada masalah dan cobaan yang tidak dapat dihalau Yesus dari hidup kita dengan menyatakan diam dan tenanglah maka semua virus akan dihalau.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto