MARI BERGERAK DALAM MENYELESAIKAN AMANAT AGUNG

12 Oct, 2020

Ayat Bacaan:
"Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya." (Matius 24:14)

Pendahuluan:
Sejak dari zaman gereja mula-mula jemaat sudah menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Dan kalau kita perhatikan sejarah gereja entah sudah berapa banyak tokoh sekte tertentu yang mengaku sebagai mesias, titisan Yesus Kristus, belum lagi yang dengan berani memprediksi dengan pasti tanggal kedatangan Tuhan Yesus serta mengajak pengikutnya untuk berkumpul, memperaiapkan diri menyambut kedatangan-Nya. Setelah lewat dari waktu yang telah diprediksi dan terbukti salah mengajak pengikutnya bunuh diri massal, dan masih banyak lagi kisah yang serupa.

Alkitab sendiri dengan tegas menyatakan tanda-tanda kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali, salah satu diantaranya adalah pemberitaan injil ke seluruh dunia, atau yang kita kenal dengan istilah menyelesaikan Amanat Agung. Dengan demikian setiap jemaat yang merindukan kedatangan-Nya yang kedua kali pasti ikut bergerak dalam menyelesaikan Amanat Agung.

Para ahli Teologi sedang mengamati bahwa ada 3 gerakan besar yang sedang terjadi dalam menyelesaikan Amanat Agung Tuhan Yesus. yakni:

Melalui gereja rumah.
Dengan situasi di tengah Pandemi seperti yang dihadapi seluruh dunia sekarang ini maka sebagian besar gereja mengubah pola ibadahnya, dari ibadah secara koorporat di gedung gereja secara beramai-ramai menjadi ibadah di rumah-rumah dalam jumlah yang kecil dan terbatas, menginat adanya protokol kesehatan yang ketat sebagaimana dikeluarkan pemerintah daerah dalam rangka menekan angka penularan Covid-19. Ternyata situasi ini seakan ‘memaksa' kita untuk masuk dalam gerakan ini, sebab selain ibadah secara online, COOL juga termasuk di dalam gerakan ini. Jangan menyepelekan dan mengabaikan gerakan menyelesaikan Amanat Agung melalui COOL ini, sebab seperti dicatat dalam Kisah Para Rasul 2:47, "sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan." COOL merupakan ujung tombak penginjilan dan pemuridan yang merupakan unsur utama Amanat Agung. Sekarang ini kita memang terbatas untuk COOL secara bertemu fisik (onsite) tapi kita bisa COOL secara online, ayo terus semangat sekalipun dari rumah. #AyoCOOLonline

Melalui kesembuhan massal. 

Dalam kitab Kisah Para Rasul kita membaca begitu banyak orang menjadi percaya dan mendengar berita Injil karena mereka menyaksikan perbuatan Tuhan Yesus yang dahsyat melalui para rasul yang mendoakan orang-orang sakit dan orang-orang tersebut menjadi sembuh sehingga mereka memuliakan Tuhan dan menjadi percaya (Baca Kisah Para Rasul 5:12-16). Gembala Sidang/Gembala Jemaat Induk telah mengadakan ratusan kali ibadah KKR Kesembuhan Ilahi dimana banyak orang menerima mukjizat kesembuhan dan tidak sedikit yang menjadi percaya dan lahir baru. Bagaimana dengan situasi seperti sekarang? Tentu KKR Kesembuhan Ilahi tidak dapat dilaksanakan secara onsite dengan begitu banyak kerumunan orang-orang karena melanggar protokol yang telah ditetapkan pemerintah. Namun, masih tetap bisa dilakukan dengan mengadakannya secara online. Dalam hal ini, kami menghimbau agar COOL-COOL tetap bergerak untuk mendoakan mereka yang sakit dan perlu didoakan secara online baik melalui voice call, video call atau media sosial. Kuasa Tuhan tidak terbatas untuk menjamah mereka dan menyembuhkan mereka. Jika seluruh anggota COOL bergerak mendoakan yang sakit agar menerima kesembuhan, kesembuhan massal juga pasti terjadi dan Injil diberitakan.

Penginjilan melalui doa.
Di tengah situasi yang terbatas, cara Tuhan tidak pernah dapat dibatasi oleh apapun. Sekalipun terbatas untuk pertemuan secara fisik, namun kita masih tetap bisa melaksanakan penginjilan melalui doa. Berdoa bagi mereka yang belum percaya kepada Tuhan Yesus.
"Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran." (1 Tim 2:1-4). Tuhan Yesus menghendaki agar setiap orang diselamatkan, itu sebabnya kita perlu mendoakan semua orang agar mereka menerima keselamatan. Jangan pernah kendor berdoa bagi keselamatan jiwa-jiwa. Tetap adakan kubu-kubu doa di COOL-COOL, jangan lupa untuk berdoa keliling di wilayah COOL masing-masing serta terus bersyafaat bagi jiwa-jiwa.

Penutup
Ketiga gerekan ini yang sedang terjadi di dunia dalam rangka menyelesaikan Amanat Agung. Mari kita mengambil bagian dalam kegerakan ini. Selamat menyelesaikan Amanat Agung. Amin (DL)

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto