LIFE CHANGING EXPERIENCE (part 1)

03 Jun, 2018

Satu hal penting yang perlu dipahami oleh orang percaya adalah bahwa baptisan Roh Kudus bukan hanya membuat orang percaya berbahasa roh yang biasa dipergunakan dalam penyembahan kepada Tuhan, namun lebih dari itu adalah sebuah pengalaman yang mengubahkan hidup.
Selama dua minggu kedepan ini kita akan mempelajari serta merenungkan perubahan hidup yang dialami oleh murid-murid Tuhan Yesus saat mereka mengalami baptisan Roh Kudus.

1. Baptisan Roh Kudus mengubah murid yang on fear menjadi no fear bahkan on fire
Setelah Tuhan Yesus disalibkan dan dikuburkan, murid-murid mengalami ketakutan terhadap orang-orang Yahudi. "Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" (Yohanes 20:19).

Namun, keadaannya sangat berbeda setelah mereka dibaptis Roh Kudus. Ditengah kerumunan orang banyak baik Yahudi maupun non Yahudi yang terheran-heran karena pencurahan Roh Kudus keatas 120 murid-murid yang berkumpul di kamar loteng atas di Yerusalem. Petrus dengan berani tampil dihadapan mereka dan meyampaikan khotbah.
"Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini." (Kisah 2:14).

Mungkin selama ini ada diantara anggota COOL menjadi orang Kristen yang on fear, mengalami ketakutan, intimidasi, persekusi baik di lingkungan tempat tinggal, tempat kerja atau usaha, sehingga takut menyatakan identitas sebagai umat Tuhan. Baptisan Roh Kudus mengubah ketakutan (on fear) menjadi tidak takut (no fear) bahkan makin ‘menyala-nyala' (on fire) untuk melayani Tuhan Yesus, Raja diatas segala raja.

2. Baptisan Roh Kudus membuat murid-murid dipakai dengan dahsyat
Selama pelayanan-Nya di dunia, Tuhan Yesus melatih murid-murid-Nya untuk melayani, mendoakan orang yang kerasukan, orang yang sakit. Mereka melihat bagaimana kuasa Tuhan bekerja dengan luar biasa, sampai satu kali mereka melayani seorang anak yang menderita sakit ayan dan tidak dapat menyembuhkannya.
"Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah, katanya: "Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air. Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya." (Matius 17:14-16).

Namun, setelah murid-murid dibaptis Roh Kudus, Tuhan memakai mereka dengan kuasa Roh Kudus yang dahsyat. "Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda." (Kisah 2:43). Kalau kita membaca keseluruhan kitab Kisah Para Rasul kita dapat lihat bagaimana mujizat-mujizat dengan luar biasa terjadi melalui pelayanan para Rasul.

Perubahan hidup yang luar biasa sebagai dampak dari Baptisan Roh Kudus bukan hanya bisa dimiliki dan dialami oleh para Rasul saja, melainkan semua orang percaya termasuk Anda!
Itu sebabnya kalau ada diantara anggota COOL yang belum dibaptis Roh Kudus, minta Gembala COOL untuk mendoakan Anda. Selamat mengalami Baptisan Roh Kudus, Life Changing Experience!

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto