KUASA DARI PERKATAAN

06 Nov, 2020

"Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum"
-Matius 12:37-

PENDAHULUAN
Wanita Allah pada umumnya banyak wanita sangat gemar dengan berkata-kata, Tuhan mau perkataan kita penuh kuasa yang dikuduskan Roh Kudus untuk kemuliaanNya, kata-kata kita sangat bermanfaat bagi kehidupan anak-anak suami dan orang lain. Perkataan yang lemah lembut berpotensi membawa perubahan-perubahan bagi orang disekitarmu. Wanita, perkataan dapat membuat anak-anak dan suami terluka juga sakit hati, akibatnya menjadi anak-anak pemberontak, menjadi anak yang malas, dan menjadi anak yang memiliki gaya hidup pergaulan bebas bahkan ada yang terjerumus dengan narkoba. Mari wanita hendaknya perkataanmu menjadi berkat bagi seisi rumahmu.

ISI
Bagaimana caranya supaya perkataan kita memiliki kuasa.

Hidup dan mati dikuasai lidah (Amsal 18:21)
Pada saat perkataan berkat diucapkan kan itu merupakan tudung yang menyelubungi kita di dalamnya, sehingga hidup kita selalu berada dalam situasi berkat Allah, demikian kata-kata kutuk di saat kita ucapkan perkataan itu menjadi racun yang menyebar keseluruh syaraf dan melemahkan kehidupan kita lalu akhirnya membawa celaka bagi hidup kita. Mari wanita perkatakan yang baik saja agar kehidupan kita berada dalam berkat Allah, sehingga sepanjang hidup ini kita mengalami dan menikmati yang baik.

Jadilah orang yang baik (Matius 12:35)
Wanita, setiap perkataan yang keluar dari mulut kita selalu berasal dari perbendaharaan hati kita, jadilah orang yang baik dengan mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaan yang baik, usahakan untuk tidak memperkatakan yang jahat, juga kata sia-sia, sebab kata yang tidak membangun berasal dari orang jahat karena kata-kata yang kau ucapkan adalah cerminan dari hatimu.

Perkataan berhikmat (Pengkhotbah 10:12)

Firman Tuhan katakan perkataan mulut orang yang berhikmat itu menarik artinya kata-kata yang berhikmat pasti membangun, menguatkan, mendidik, berhati-hati dan bermanfaat, bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain juga, sedangkan orang bodoh kata-katanya tidak bermanfaat bisa menelan diri sendiri sehingga hidupnya penuh dengan penderitaan, wanita perkataan-perkataan kita sangat berkuasa dan berpengaruh terhadap diri kita bahkan orang lain sebab itu berhati-hatilah dengan perkataanmu.

PENUTUP
Wanita kuasa perkataan akan selalu memberi pengaruh dalam kehidupan kita, perkataan dapat membawa hidup ataupun kematian, perkataan selalu berasal dari perbendaharaan hati. Wanita, matius 12:36 setiap kata-kata yang sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggung jawabkannya pada hari penghakiman sebab itu perhatikan perkataan kita selama hidup karena semua perkataan kita dipertanggung jawabkan nantinya di hadapan Tuhan.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto