KITA SAMA DICIPTAKAN-NYA

04 Dec, 2023

"Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka." -Kejadian 1:27-

PENDAHULUAN
Wanita, Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan baik tetapi Tuhan belum puas, karena belum ada yang mengurus segala ciptaan-Nya. Adam diciptakan pertama, Tuhan Allah melihat masih kurang maka diciptakan perempuan supaya semua baik menurut gambar-Nya. Wanita diciptakan terakhir ketika semua sudah diciptakan, dan ketika diciptakan Tuhan bumi sudah tertata dengan indah, menyambut kehadiran ciptaan-Nya yang disebut perempuan. Wah, kita sangat istimewa, setelah wanita ada maka Tuhan menyatakan bahwa semua sudah baik.

ISI
Bagaimana sebenarnya kita menyikapi keberadaan kita?

1. Bersyukurlah (Efesus 5:20).
Kita harus bisa menerima keberadaan kita sebagai wanita, jangan merasa kalah, atau merasa kurang berkarya (karena ada beberapa suku bangsa yang menganggap bahwa wanita lebih rendah dari laki-laki). Kita punya alasan untuk bersyukur, karena seperti halnya laki-laki kita sama diciptakan serupa dan segambar dengan Allah, sama-sama dihembuskan nafas Allah. Bersyukurlah hai wanita, diciptakan-Nya sebagai wanita ini merupakan sesuatu yang sangat berharga.

2. Hargai diri kita (Mazmur 139:14).
Mungkin selama ini kita tidak menghargai diri kita sendiri sebagai wanita, ijinkan Allah masuk dan memperbaharui cara pandang yang salah terhadap diri kita. Biarkan Tuhan merubah kita, sampai kita benar-benar memahami betapa berharganya seorang wanita dihadapan Allah. Temukan nilai-nilai istimewa yang Allah taruh dalam seorang wanita, gali dan pahami kelebihan-kelebihan yang Allah berikan dalam diri seorang wanita. Wanita memiliki banyak hal yang tidak dapat dilakukan laki-laki, seperti mengandung. Kita harus bersyukur dan takjub karena begitu banyak hal istimewa yang Allah berikan kepada wanita.

3. Jadi yang terbaik (Amsal 31:29)
Sebagai wanita Allah kita harus menjadi yang terbaik, bagaimana caranya? Yaitu melakukan segala sesuatu dengan terbaik, beri yang terbaik bagi Tuhan, bagi keluarga, dalam pelayanan kita di gereja, tempat kita kerja, masyarakat sekitar dan bangsa. Pandanglah itu semua sebagai persembahan kita bagi Tuhan yang sudah mengasihi kita.

PENUTUP
Tahun 2023 Tuhan mau kita menyadari betapa berharganya diri kita, istimewa dimata Tuhan, juga dimata keluarga, dan orang-orang dalam pelayanan kita.
Tuhan Yesus memberkati.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto