KETEKUNAN

22 Apr, 2024

Kata "TEKUN atau KETEKUNAN" dapat diartikan sebagai ketetapan hati yang kuat (teguh) untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan tugas apa pun. TEKUN juga berarti fokus, konsisten dan tidak mudah putus asa terhadap apa yang sedang dikerjakannya.
Orang-orang yang memiliki KETEKUNAN melakukan tugas dan pekerjaannya pastilah akan berhasil dengan baik. Kita tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan saja untuk meraih kesuksesan atau keberhasilan.

Siapa mau BERTEKUN pastilah nantinya akan menuai hasilnya. Maksudnya, KETEKUNAN menjadi KUNCI untuk meraih kesuksesan atau keberhasilan. Alkitab mencatat: "Sebab kamu memerlukan KETEKUNAN, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperolah apa yang dijanjikan itu."
(Ibrani 10 : 36).

Orang yang TEKUN akan menghasilkan buah dan menikmati upah. KETEKUNAN adalah unsur terpenting dalam setiap keberhasilan. Terlebih di era sekarang ini, semua orang menginginkan segala sesuatu yang serba instan. Ingin cepat kaya, tapi tidak mau bekerja keras; ingin berhasil, tapi tidak mau berusaha untuk tetap TEKUN.

Ada begitu banyak anak-anak Tuhan yang tidak memperoleh janji Tuhan, tidak memperoleh kemenangan dan pemulihan karena mereka tidak memiliki KETEKUNAN. Dalam melayani Tuhan, ketika ada masalah sedikit, lalu memilih untuk mundur dari pelayanan atau keluar dari pelayanan. Dalam bekerja, ketika ada masalah sedikit di pekerjaan lalu memilih untuk mengundurkan diri atau keluar dari tempat bekerja.

Lihatlah Abraham, yang TEKUN selama 25 tahun menantikan seorang anak yang Tuhan janjikan, sampai waktunya Ishak lahir. Lihat pula Nuh, yang dengan TEKUN tetap mengerjakan pembuatan bahtera selama 100 tahun walaupun banyak orang sudah mengolok-oloknya, mencemooh dan bahkan menganggap ia gila. Mereka adalah orang-orang yang memiliki KETEKUNAN, dan mereka telah menerima janji Allah.

Kesuksesan atau keberhasilan bahkan untuk menerima dan mengalami setiap janji Tuhan, tidak terjadi begitu saja, melainkan harus dibangun dengan doa, kerja keras, pengorbanan dan KETEKUNAN.
Jadilah anak-anak Tuhan yang kuat dan miliki KETEKUNAN. Apapun yang Tuhan percayakan dalam hidup kita saat ini, TEKUNLAH untuk mengerjakannya dan menyelesaikannya.
Tetap Semangat dan Teruslah Bertekun dalam segala hal. (AH)

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto