JAGALAH HATIMU

01 Aug, 2023

PENDAHULUAN
Wanita! Kita harus bisa menjaga hati, sebab hati tempat menyimpan pengertian yang membangun, namun bisa juga pengertian yang merusak, karena hati menentukan respon juga keputusan. Matius 15:18 "Tetapi apa yang keluar dari
mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang", dari hati juga dapat keluar segala pikiran jahat, kalau orang itu kelihatan dari kata-katanya selalu menyakitkan membuat orang yang mendengar tidak enak, pasti hati orang tersebut sedang bermasalah. Hati sangat penting untuk dibereskan, supaya hidup kita damai.

ISI
Bagaimana caranya untuk memperoleh hati yang bersih?
1. Minta kepada Tuhan (Raja-raja 3:9-10)
Salomo meminta hati yang baik, yang penuh hikmat, dan pengertian sehingga dapat memimpin bangsa Israel. Hanya Tuhan yang bisa memperbaharui hati dengan kuasa Roh Kudus, hati perlu dipulihkan Tuhan sehingga banyak hal bisa kita kerjakan.

2. Pengalaman hidup bisa membersihkan hati (Amsal 20:30)
Bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan dan pukulan membersihkan lubuk hati. Jangan terus menggerutu ketika ada masalah, mungkin itu membersihkan hatimu.

3. Simpan dan pikirkan yang membangun (Mazmur 119:11)
Dalam hatiku, aku menyimpan janjiNya. Simpan di hati yang baik-baik saja Filipi 4:8 "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang
adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu".

4. Sering-sering menguji hati (Mazmur 26:2)
Yang bisa menguji hati adalah Tuhan. Raja Daud: "ujilah aku ya Tuhan dan cobalah aku, selidiki batinku dan hatiku". Cek hatimu dihadapan Tuhan, bereskan supaya
berkualitas.

PENUTUP
Wanita Allah! Jagalah hatimu supaya kita dapat menjadi berkat di dalam keluargamu, pelayanan, dan dapat membawa jiwa-jiwa kepada Tuhan.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto