JAGALAH HATIMU

01 Feb, 2022

"Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan"

-Amsal 4:23-

PENDAHULUAN
Wanita, hati tempat penyimpanan pengertian yang membangun namun bisa juga merusak, kalau hatimu baik bicaramu juga baik sebab itu jagalah hatimu lebih dari apapun juga.

ISI
Kenapa hati perlu dijaga ?

Karena hati menentukan respon keputusan (Matius 15:18-19)
Dari hati timbul pikiran jahat, kalau hatimu pahit semua orang yang ada di dekatmu kena sasarannya, semua orang akan salah dimatanya, contoh Kain/Habil (Kejadian 4:5-8), persembahan kain tidak diterima Tuhan, hati kain panas dan mukanya muram, ketika hati bermasalah muncul tindakan-tindakan jahat, akhirnya bisa membunuh jadi jaga hatimu dengan baik maka keluar perbuatan kasih.

Hati rentan mudah berubah (2 Raja-raja 15:1-5)
Raja Azarya memerintah 52 tahun menjadi raja di Israel, kerajaannya sangat terkenal berhasil dan Azarya pada mulanya sangat cinta Tuhan namun kemudian raja Azarya mulai kompromi membuat bukit-bukit pengorbanan, dia meninggalkan Tuhan sehingga Tuhan sangat murka, dia sakit kusta sampai mati.

Hati menentukan perkenanan Tuhan (1 Samuel 16:7)
Daud diurapi menjadi raja setelah ke 7 kakaknya ditunjukkannya kepada Samuel, satupun mereka tidak dipilih tetapi Daud lah yang dipilih karena Tuhan melihat hati, Daud sangat cinta Tuhan, naik turunnya seseorang ditentukan hatinya jadi hati terus dijaga supaya Tuhan terus berkenan kepada kita, kita akan diberkati dengan segala kelimpahannya.

PENUTUP
Bagaimana memperoleh hati yang baik ?

Minta kepada Tuhan (Yehezkiel 36:26)
Tuhan perbaharui hatiku dengan kuasa Roh Kudus

Pengalaman hidup membersihkan hati.
Amsal 20:30, bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan dan pukulan membersihkan lubuk hati, jangan marah ketika ada masalah mungkin itu membersihkan hatimu.

Menyimpan janji Tuhan (Mazmur 119:11)
Simpan segala yang baik dihatimu, yang tidak baik buang jauh, pikirkan yang baik (Filipi 4:8)

Sering menguji hati (Amsal 16:2)
Raja Daud mengatakan ujilah aku Tuhan, cek hatimu dihadapan Tuhan, kalau hati sudah dipulihkan banyak hal yang dapat kita kerjakan. Hati berkualitas, pekerjaan, pelayanan, pasti semua baik.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto