IMAN YANG KUAT

03 Jan, 2022

"Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat"

-Ibrani 11:1-

PENDAHULUAN
Wanita yang dikasihi Tuhan, segala sesuatu yang kita peroleh itu bergantung dari iman kita, iman adalah percaya bukan karena melihat atau sudah merasakan sesuatu mujizat saat semua terlihat tidak baik, iman yang kuat tidak bisa dibangun jika kita jauh dari Tuhan, karena iman kekristenan itu melebihi logika manusia, oleh sebab itu iman hanya bisa kita mengerti dan kita alami saat kita tinggal dalam firman Tuhan, firmanNya itu yang akan sanggup membuat iman dalam hati kita menjadi kuat dan bertumbuh.

ISI
Bagaimana caranya agar kita memiliki iman yang kuat ?

Bergantung pada Tuhan (1 Korintus 2:5)
Supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. Tuhan tidak ingin kita bergantung pada hikmat manusia yaitu kepintaran, pada kekuatan kecerdasan kita, firman Tuhan katakan terkutuklah yang mengandalkan manusia, Tuhan mau kita bergantung pada kekuatan Allah sepenuhnya, saat kita mau komtimen untuk memiliki iman yang kuat, taruhlah semua ego kita dibawah kaki Tuhan dan bergantung pada Tuhan sepenuhnya.

Memiliki pengharapan (Ibrani 6:19)
Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir. Wanita, saat kita memiliki pengharapan maka kita akan merasa tenang dalam menghadapi badai apapun dalam hidup ini, karena pengharapan itu seperti sauh atau jangkar sehingga saat kita berlabuh kapal kehidupan kita tidak akan terombang-ambing, Ibrani 10:20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri. Wanita, ingatlah kita harus labuhkan sauh kita sampai belakang tabir artinya, labuhkan pengharapan kita pada Tuhan Yesus, tabir adalah pribadi Tuhan Yesus sendiri, inilah yang akan membuat iman menjadi kuat, sehingga kita dapat merasakan pertolongan, penyertaan bahkan mujizatNya.

Memiliki ketaatan (Amsal 13:13)
Siapa yang meremehkan Tuhan akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah akan menerima balasan. Wanita, taat itu berarti kita melakukan apa yang diminta walaupun belum mengerti apa maksud perintah tsb, belajar dari Abraham walaupun ia belum tahu kemana pergi namun ia tetap melangkah, saat taat kita sedang membangun iman yang kuat, kita sedang mempercayakan kepada tuntunan dan penyertaan Tuhan.

Percaya tidak ada yang mustahil bagi Tuhan (Lukas 1:37)
Iman yang kuat saat kita percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, Tuhan yang sanggup membuat perkara-perkara yang mustahil menjadi tidak mustahil dan terjadi diluar logika kita, iman menjadi kuat karena kita percaya, percaya kepada Tuhan Yesus yang luar biasa, yang sanggup membuat perkara-perkara yang besar.

PENUTUP
Wanita, marilah kita miliki iman yang kuat supaya kita dapat mengalahkan segala masalah apapun dalam hidup ini, iman yang kuat bisa mengalahkan dan memindahkan gunung yaitu persoalan-persoalan kita, apalagi saat pandemi ini kita banyak mengalami persoalan, kita bersyukur kita memiliki iman yang kuat.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto