HIDUP YANG BERGAUL KARIB DENGAN TUHAN

08 Feb, 2021

"TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka."
-Mazmur 25:14-

PENDAHULUAN
Hari-hari ini umas sedang mengarah pada kehidupan yang lebih meningkat, bukan hanya percaya mengenal Tuhan tetapi sekarang, Tuhan mau kita hidup bergaul karib dengan Tuhan, menjalin hubungan yang lebih lagi sehingga pola hidup kita pun harus berubah, yaitu dengan cara bicara dan cara mengatasi suatu persoalan pun harus berbeda. Bergaul karib dengan Tuhan maka kita harus lebih mengenalNya, tahu yang disukaiNya bahkan semakin mengerti dan tanggap dengan apa yang Tuhan mau.

ISI
Ada beberapa cara Umas untuk semakin dekat dengan Tuhan.

Mata yang tertuju pada Tuhan (Mazmur 25 :15)
Apapun yang kita alami tetaplah mata kita tertuju pada Tuhan, pertolongan hanya datang dari pada Tuhan Dia yang sanggup melakukan, sebab Allah yang maha dahsyat Mazmur 16:8 Aku senantiasa memandang kepada Tuhan karena ia berdiri di sebelah kananku aku tidak goyah.

Hidup yang bergantung kepada Tuhan (Mazmur 25:16-17)
Kita harus sadar hidup ini adalah anugerah, kita tidak boleh berbuat sesuatu hanya karena kehendak kita sendiri melainkan kita harus bertanya pada Tuhan, jangan umas bergantung dengan kekuatan diri kita sendiri Yeremia 17:5-6.

Mengakui dosa-dosa (Mazmur 25:18)
Dosa merupakan penghambat berkat Tuhan, sesungguhnya tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaranNya tidak kurang tajam untuk mendengar tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu, ialah segala kejahatanmu dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamu. Mari UMAS koreksi diri kita :
Dosa tidak memberi perpuluhan (Maleakhi 3:10)
Dosa yang mengikat diri sendiri (Galatia 5:19-21)
Dosa lidah (Yakobus 3:5-8)

Hati yang tulus dan jujur (Mazmur 25:21)
Kehidupan umas terlihat dari hati, apabila hati ini tulus dan jujur maka apapun yang kita kerjakan, hati kita tetap bersukacita dan kita dapat bertahan dalam menantikan Tuhan, Mazmur 73:1 Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya bagi mereka yang bersih hatinya.

PENUTUP
Umas di masa tua kita harus mempersiapkan diri untuk bergaul karib dengan Tuhan, agar kita tetap terpelihara sampai Tuhan memanggil kita ke pangkuanNya, ke rumah Bapa di surga.

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto