HIDUP DALAM PERTOBATAN DI TAHUN PEY GIMEL

26 Sep, 2022

Berdasarkan kalender Ibrani, mulai dari tanggal 26 September 2022 - 15 September 2023 kita memasuki tahun 5783 (Pey Gimel). Ini adalah tahun dimana semua yang tersembunyi akan disingkapkan dan kita harus bersiap untuk pengungkapan (the exposure), sebab TUHAN akan merobek selubung-selubung untuk menyingkapkan apa yang tersembunyi. Umat Tuhan akan melihat ilah-ilah dibalik aborsi, penyimpangan homoseksual, struktur politik dan perdagangan. Sehubungan dengan tahun Pey Gimel ini, paling tidak ada ‘rambu-rambu' peringatan yang harus kita perhatikan dengan sungguh-sungguh, yakni:

  1. Berhenti menyimpan dosa
    Orang yang menyimpan dosa adalah orang yang bermain-main dengan Tuhan, orang yang tidak menyadari bahwa Dia adalah Allah yang Mahatahu dan tidak ada yang tersembunyi di hadapan-Nya.
    "Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap." (Markus 4:22)
    Umumnya orang menyimpan dosa yang bersifat privat, dosa-dosa yang terkait dengan moralitas, kehidupan atau penyimpangan seksual, serta dosa yang dianggap umum dilakukan oleh banyak orang, seperti perselingkuhan, skandal korupsi dan lain-lain. Hati-hati dan jangan main-main dengan TUHAN. Mari kita berhenti menyimpan dosa!
    "Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya." (Yesaya 55:6-7)
  2.  Mengambil keputusan yang tepat untuk bertobat
    Tahun 5783 adalah waktu untuk mengambil keputusan yang benar tentang dosa tersembunyi, dan tentang kehidupan dan pelayanan. Ada momen ‘lembah penentuan' (Yoel 3:14) di tahun ini, apakah kita bersama Allah atau menjauh dari Allah. Keputusan yang kita ambil di tahun Pey Gimel ini konsekuensinya akan ditanggung di tahun 5784. Itu sebabnya di tahun 5783 ini, ada anugerah khusus untuk melakukan koreksi.
    "Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima. Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu." (2 Kor 6:1-2).
    Gembala Pembina menyampaikan pesan TUHAN, "kita akan melihat kasih karunia Tuhan yang luar biasa yang akan dicurahkan kepada mereka yang sungguh-sungguh mencari Tuhan. Berkat dan upah yang akan dilepaskan bagi mereka yang hidupnya intim dengan Tuhan. Namun bersamaan dengan itu akan ada pembersihan di rumah Tuhan (1 Petrus 4:17) dan penghakiman terhadap dunia di tahun 5783."
    Mari kita mengambil keputusan yang tepat untuk bertobat dari segala dos akita, termasuk dosa yang tersembunyi atau disembunyikan.
  3.  Senantiasa hidup dalam pertobatan
    Allah meminta kita untuk mengejar kekudusan, "sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan" (Ibr. 12:14). Untuk itu kita harus hidup dalam pertobatan setiap hari. Sebagaimana Tuhan Yesus ajarkan dalam doa: "...dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;" (Mat 6:11-12).
    Hidup dalam pertobatan setiap hari berarti kita banyak koreksi diri, banyak minta ampun atas segala yang kita lakukan baik yang kita sadari maupun tidak disadari yang menyimpang dari kebenaran. (DL)

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto