Healing Movement Crusade Salatiga

09 Nov, 2017

Kota Salatiga adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Salatiga terletak 49 km sebelah selatan Kota Semarang/52 km sebelah utara Kota Solo, dan berada di jalan yang menghubungkan Semarang-Solo. Salatiga terdiri atas 4 kecamatan, yakni: Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo.

Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu dan dikelilingi Gunung Gajah dan Gunung Telomoyo di sebelah selatan sehingga membuat udara kota ini sejuk. Keberadaan Danau Rawa Pening di sisi barat membuat Kota Salatiga semakin indah.

Gerbang tol di ujung ruas tol Bawen-Salatiga memiliki pemandangan pegunungan dan persawahan yang asri. Saat cuaca cerah, pengendara dari arah Semarang akan melihat GT Salatiga dengan latar belakang Gunung Merbabu yang indah.

Dahulu kala rakyat di desa tersebut menyembah Dewi Trisala maka disebut desa Trisala dan berubah menjadi Salatri dan akhirnya menjadi Salatiga. Peristiwa tersebut bertepatan dengan tanggal 24 Juli, tahun 750 M. Tanggal ini secara resmi dianggap sebagai Hari Jadi Salatiga.

Terdapat juga mitos yang menyebutkan bahwa Ki Ageng Pandanaran, seorang bupati yang memuaskan diri dengan kekayaannya dan memeras rakyat dengan menarik pajak yang berlebihan. Ia bersalah dalam hal ini dan meminta maaf kepada Sunan Kalijaga. Akhirnya Sunan Kalijaga memaafkannya, namun dengan syarat Ki Ageng harus meninggalkan seluruh hartanya dan mengikutinya pergi mengembara. Namun istri bupati melanggar, ia membawa emas dan berlian dan memasukkannya ke dalam tongkat. Di tengah perjalanan mereka dirampok. Setelah perampok itu pergi, Sunan Kalijaga berkata, aku akan menamakan tempat ini Salatiga karena kalian telah membuat tiga kesalahan. Pertama, kalian sangat kikir. Kedua kalian sombong. Ketiga kalian telah menyengsarakan rakyat. Semoga tempat ini menjadi tempat yang baik dan ramai nantinya.

Di kota ini terdapat Universitas Kristen Satya Wacana. Terdapat pula Institut Agama Islam Negeri Salatiga/IAIN Salatiga sebagai satu-satunya perguruan tinggi Islam negeri di Kota Salatiga yang berdiri berkat dukungan berbagai pihak terutama para ulama dan pengurus Nahdlatul Ulama Jawa Tengah.

Kota Salatiga dijuluki sebagai Indonesia Mini. Karena setiap tahunnya ada pendatang dari Sabang hingga Marauke yang menuntut ilmu di universitas ternama yang terdapat di Salatiga.

Kota Salatiga merupakan satu-satunya kota di Jawa Tengah yang masuk 10 besar untuk indeks kota paling toleran. Salah satu contoh toleransi yang terjadi di Alun-alun Pancasila, Masjid Raya Darul Amal berada di kawasan yang sama dengan Gereja Kristen Jawa Salatiga Utara dan HKBP. Masjid Pandawa berhadapan dengan Gereja Kristen Indonesia. Masjid Kauman yang berlokasi tidak jauh dari Gereja Kristen Jawa.

Adi Sutjipto, merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional dari Kota Salatiga. Namanya telah diabadikan sebagai nama bandara internasional yang ada di kota Gudeg, Yogyakarta. Yos Sudarso yang gugur saat pertempuran di Laut Aru KRI Macan Tutul. Beliau merupakan pahlawan nasional dari kota HATI BERIMAN ini.

Klub sepak bola Salatiga adalah PSISa (Persatuan Sepak Bola Indonesia Salatiga), melahirkan beberapa pemain handal seperti: Bambang Pamungkas, Ravi Murdyanto, Gendut Doni, Bayu Pradana. Selain sepak bola, juga terdapat beberapa cabang olahraga yang berprestasi seperti pencak silat dan karate yang memberi kejuaraan dan kebanggan bagi Salatiga.

Masakan khasnya, seperti: bakso babat, mie Salatiga, sayur tumpang koyor, sate sapi suruh, gecok kikil, pecel keong. Minuman khasnya: gempol pleret, wedang ronde. Jajanan khas Salatiga: klepon, grontol, lupis, puli gendar, jadah jenang, gendar pecel. Salatiga mempunyai beberapa oleh-oleh khas, diantaranya: getuk kethek, bakpia Monginsidi, krupung Gunung Payung, duku Candran, salak Kecandran, batik Selotigo.

Tempat wisata Salatiga diantaranya: Muncul (kolam renang mata air alami), Museum Kereta Api Ambarawa, dataran tinggi Kopeng dan Bandungan, Candi Gedongsongo, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Merapi, pemandian Kalitaman, sumber mata air Senjoyo, balai reservoir pengetahuan penyakit Duver, wisata Tlogo, Prasasti Plumpungan, museum lukisan Kandhang galeri Raprika Angga, batik Plumpungan, Taman Kartini Park, agrowisata Salib Putih.

Bagi Saudara yang berada di Kota Salatiga dan sekitarnya, persiapkan diri Saudara untuk mengikuti Healing Movement Crusade pada tanggal 13 November 2017 bertempat di Lapangan Yonif 411 Kostrad, Salatiga (Ngebul) pukul 16.30 WIB.

Mari hadirilah dan doakan agar lawatan Tuhan menjamah setiap pribadi yang akan hadir. Mujizat penuaian terjadi. Tuhan Yesus memberkati.

Teamportal (MF)

 

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto