Healing Movement Crusade Bongsorejo-Jombang

03 Aug, 2017

Jombang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kecamatan ini juga merupakan pusat pemerintahan (ibukota) Kabupaten Jombang. Letaknya tepat di bagian tengah wilayah kabupaten Jombang. Perekonomian Kecamatan Jombang bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa.

Kabupaten Jombang memiliki posisi yang sangat strategis, karena berada di persimpangan jalur lintas utara, dan selatan Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur Malang-Tuban.

Jombang juga dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayahnya.

Banyak tokoh terkenal Indonesia yang dilahirkan di Kabupaten Jombang, di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid, pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim, tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, serta budayawan Emha Ainun Najib dan seniman Cucuk Espe. 

Konon, kata Jombang merupakan akronim dari kata berbahasa Jawa yaitu ijo (Indonesia: hijau) dan abang (Indonesia: merah). Ijo (hijau) mewakili kaum santri (agamis), dan abang (merah) mewakili kaum abangan (nasionalis/kejawen). Kedua kelompok tersebut hidup berdampingan, dan harmonis di Kabupaten Jombang. Bahkan kedua elemen ini digambarkan dalam warna dasar lambang daerah Kabupaten Jombang.

Penduduk Jombang pada umumnya adalah etnis Jawa. Namun, terdapat minoritas etnis Tionghoa dan Arab yang cukup signifikan. Yang pada umumnya tinggal di kawasan perkotaan, dan bergerak di sektor perdagangan dan jasa.

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Bahasa Jawa yang dituturkan banyak memiliki pengaruh Dialek Surabaya yang terkenal egaliter, dan blak-blakan.

Di Mojowarno yang masih merupakan Kabupaten Jombang berdiri Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang beraliran Calvinisme pada tanggal 3 Maret 1881. Kecamatan ini memiliki populasi Kristen terbanyak di Kabupaten Jombang. GKJW Jemaat Mojowarno adalah gereja tertua ketiga di Jawa Timur setelah Ngoro dan Wiyung. GKJW tersebut berada dalam lingkungan masyarakat yang mayoritas muslim tetapi saling bertoleransi.

Bagi Saudara sekalian yang berada di daerah Jombang dan wilayah sekitarnya hadirilah dan ajaklah keluarga, kerabat dan teman saudara-saudari untuk menghadiri Healing Movement Crusade pada tanggal 7 Agustus 2017 bertempat di Lapangan Sepakbola Bongsorejo (Belakang GKJW), Jombang pukul 16.30 WIB.

Mari doakanlah agar lawatan Tuhan Yesus turun atas daerah Jombang dan wilayah sekitarnya serta melawat setiap individu yang ada. Mujizat terjadi dalam kehidupan setiap pribadi yang datang di dalam nama Tuhan Yesus. Mujizat penuaian dialami oleh seluruh orang yang akan hadir. Tuhan Yesus memberkati saudara sekalian.

Teamportal (MF)

 

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto