FINAL ASSIGNMENT

14 Jun, 2021

Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku. (Yohanes 21:15-17)

Taukah Saudara bahwa Tuhan Yesus memberikan amanat Nya yang terakhir kepada Petrus, sebelum Ia pergi meninggalkan Petrus dan murid-murid lainnya dan naik ke surga?
Kepada Petrus, Ia berkata:
1. Feed My lambs : Beri makan anak-anak domba Ku.
2. Tend My sheep: Pelihara / rawat domba-domba Ku yang dewasa.
3. Feed My sheep: Beri makan domba-domba Ku yang dewasa.
Ya, saya percaya sama seperti Petrus, Tuhan pun hari-hari ini sedang memberikan amanat / penugasan Nya yang terakhir bagi kita yang percaya dan mengasihi Nya.

Hal yang serupa juga dialami oleh nabi Elia saat ia mengalami perjumpaan dengan TUHAN di gunung Horeb, ketika ia lari dari Isebel. Elia pun menerima Penugasan yang Terakhir dari Tuhan sebelum ia diangkat hidup-hidup oleh Tuhan.

Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik, dan setelah engkau sampai, engkau harus mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram. Juga Yehu, cucu Nimsi, haruslah kauurapi menjadi raja atas Israel, dan Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola, harus kauurapi menjadi nabi menggantikan engkau. (1 Raja-raja 19:15-16)

Sama hal nya seperti Petrus dan nabi Elia, di era Pentakosta ke 3 - di era Penuaian yang terbesar dan yang terakhir, saya percaya kita pun akan menerima Penugasan yang Terakhir dari Tuhan sebelum Ia datang. Mungkin tidak banyak yang Tuhan minta untuk kita kerjakan di dalam menyelesaikan amanat agung. Sama seperti Petrus dan Elia, mungkin hanya ada 3 hal yang Tuhan ingin Saudara dan saya kerjakan sampai Ia datang. Misalnya, Tuhan mau setiap hari Saudara mulai mengambil waktu khusus berdoa untuk keluarga mu yang belum selamat dan berdoa untuk Gembala mu. Mungkin ada satu bangsa yang secara khusus Tuhan mau Saudara adopsi untuk saudara doakan. Atau mungkin saudara termasuk dalam golongan usia Generasi Yeremia dan masih bersekolah, dan Tuhan mau Saudara berdoa dengan tekun setiap hari untuk sekolah mu. Fokus dan lakukan semua penugasan itu dengan tekun. Saya percaya setiap kita akan menerima Penugasan yang Spesifik (specific assignment / specific calling). Mari temukan "ketiga" hal tersebut dan kerjakan apa yang menjadi FINAL ASSIGNMENT nya Tuhan buat kita. Niscaya kita akan menuai banyak jiwa-jiwa, dan pada akhirnya Tuhan akan berkata: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. HALELUYAH.. Tuhan Yesus memberkati.

GBI Jalan Jend Gatot Subroto