DARI 2020 MENUJU 2021

14 Dec, 2020

Tidak terasa kita sudah berada di Bulan Desember Tahun 2020, sudah di penghujung tahun. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada awal Tahun 2020 memang menyita waktu dan pikiran setiap orang pada tahun ini.
Di masa pandemi Covid-19, segala sesuatu seolah berubah begitu cepat. Bila melihat dari efek samping wabah Covid-19 yang melanda dunia, banyak yang mengharapkan 2021 adalah awal yang baik untuk mengakhiri pandemi ini. Bisa dibilang, hampir semua orang menaruh harapan yang tinggi terhadap Tahun 2021.
Namun, apakah Tahun 2021 sudah menjadi garansi bebas dari pandemi? Tidak ada yang pernah tahu.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Dengan demikian, orang yang sadar dan mau belajar dari pengalaman akan selalu memotivasi dirinya untuk tidak mengulangi kesalahan dan mau bertindak dengan cara yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Segala ujian dan pencobaan yang Tuhan ijinkan dalam hidup kita adalah untuk pembelajaran bagi kita agar kita dapat hidup lebih baik lagi di hadapan Tuhan.
Tuhan senantiasa membentuk hidup kita melalui segala keadaan maupun kondisi agar kita dapat menjadi kuat menghadapi masalah-masalah yang lebih besar lagi.
Dan ketika kita mau terbuka di hadapan Tuhan dan belajar dari setiap masalah yang kita hadapi, maka kita akan menjadi manusia yang semakin mendekati kepada kesempurnaan, karena hidup ini adalah proses menuju kepada kesempurnaan.
Belajarlah dari setiap pengalaman yang kita lalui, belajar dari tahun yang sebentar lagi akan kita lalui dan evaluasi apa yang perlu kita perbaiki untuk menyongsong tahun yang baru.
Kesalahan yang pernah kita lakukan tidak perlu terulang lagi, dan kebaikan yang telah dilakukan biarlah dapat lebih lagi dikerjakan dalam tahun yang baru.

*Firman Tuhan mengingatkan kita:*
"Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."
*(Roma 15 : 4)*

Di tengah realitas yang sedang kita hadapi, bagaimana kita seharusnya dan selayaknya bersikap? Apakah kita akan tetap larut dan berputar-putar pada masalah yang yang sama yang tidak terselesaikan dan bahkan tidak akan pernah selesai dan kemungkinan tambah parah jika dipikirkan dan dilanjutkan terus pada tahun ini. Sebaiknya kita fokus pada hal-hal yang mendatang sambil mengingat akan kebaikan Tuhan selama ini dan kita tetap mempercayai bahwa Allah tetap menyertai kita dan tetap akan menyertai kita.
Itu sebabnya ada 3 hal yang perlu kita tanamkan dalam hati dan pikiran kita sebagai bekal untuk memasuki babak baru dalam kehidupan kita di Tahun mendatang Tahun 2021.

*Yang Pertama;*
Bahwa Tuhan akan tetap menyertai kita dalam keadaan apapun dan Tuhan akan memberikan kemenangan menghadapi medan pertempuran sesulit apapun, karena Tuhan adalah Allah yang tidak pernah berdusta dan tidak lalai untuk menepati janji-Nya.
*(Bilangan 23 : 19)*

Seperti janji Tuhan akan menyertai Yosua, Musa, Daud dan demikian pula Tuhan menyertai hamba-hamba-Nya yang lain, Dia Tuhan yang sama juga pasti akan menyertai kita.

*Yang Kedua;*
Tuhan ingin agar kita kuat dan teguh hati. Dia ingin agar kita tidak menjadi umat pecundang, penakut, mudah menyerah atau tidak memiliki daya juang yang tinggi. Untuk meraih kesuksesan atau apa yang menjadi tujuan memang memerlukan perjuangan dan daya juang yang tinggi dan yang tidak mudah menyerah atau mundur. Bagi Tuhan bahwa sekali berjalan maju tidak ada kata mundur. Target harus dicapai dan tidak boleh ada yang tidak tercapai atau gagal sedikitpun.
Inilah yang Tuhan kehendaki dari kita, yakni kemenangan iman.
Seperti Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan.
*(1 Samuel 30 : 6)*

*Yang Ketiga;*
Tetap fokus kepada Tuhan dan firman-NYA. Jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri. Berjalanlah lurus! Syaratnya adalah merenungkan firman Tuhan siang dan malam, supaya kita dapat bertindak hati-hati dan perjalanan hidup kita akan berhasil dan beruntung.
*(Yosua 1 : 8)*

Karena masa lalu adalah sejarah, hari ini adalah goresan, hari esok adalah harapan. Seiring dengan perginya kenangan, siapkan diri untuk menyambut harapan baru bersama Tuhan di Tahun 2021. Tuhan Yesus Kristus menyertai kita semua senantiasa. *(AH)*

 

GBI Jalan Jend Gatot Subroto